[Lanjut Usia]
human xixi
Pada lansia yang menderita TBC, apakah terdapat perbedaan kebutuhan nutrisi tersendiri atau sama saja dengan penderita TBC dewasa (bukan lansia)? Terima kasih
12:44 09/12/2022
Anak Agung Istri Kencana Sari Devi, S.Tr.Gz ahligizi
Selamat pagi, saya Gung Is senang bisa membantu
10:41 11/12/2022
Untuk penderita TBC dewasa dan lansia umumnya jenis zat gizi yang dibutuhkan hampir mirip hanya kebutuhannya saja disesuaikan dengan tinggi badan, berat badan, aktivitas, dan usia. Peningkatan kebutuhan energi dan protein diperlukan akibat dari infeksi bakteri yang ada di paru-paru. Contoh makanan yang dapat dikonsumsi adalah telur, tempe, tahu, daging tanpa lemak, susu, ikan, kacang-kacangan, dan alpukat. Jika mengalami sesak nafas maka kebutuhan karbohidrat dibatasi seperti nasi, roti, kentang, ubi, gandum. Perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan karena kaya akan serat, hindari konsumsi makanan setengah matang, sayur mentah, makanan berpenyedap, berpengawet, kalengan, dan yang terlalu manis.
10:43 11/12/2022