[Gizi Olahraga & Kebugaran]
SL KL 0416
Permisi mau tanya kalo misalnya kita makan kopi 22 gram, terus bayarnya dg lari 5km. Apakah efisien untuk tetap mempertahankan BB dan kebutuhan kalori? Terima kasih
15:38 17/12/2022
Agus Hendra Al Rahmad, AMG, SKM, MPH ahligizi
Bapak SL
Perlu kami klarifikasi apa yang dimaksud dengan makan kopi, apakah mnum kopi dengan penambahan gula sebanyak 22 gram dan setelah itu melakukan aktifitas fisik (lari dengan jarak 5km).
Sampai saat ini belum banyak ditemukan bahwa konsumsi kopi dapat meningkatkan berat badan, kecuali kandungan gula dalam minumaln kopi itu sendiri.
Dosis kafein yang aman untuk orang dewasa adalah sekitar 400 miligram (mg) per hari. Namun, konsumsi kopi yang aman bisa berbeda-beda untuk setiap orang, tergantung pada berat badan, tingkat aktivitas, dan sensitivitas terhadap kafein. Orang dengan berat badan yang lebih ringan biasanya memiliki toleransi yang lebih rendah terhadap kafein dibandingkan dengan orang dengan berat badan yang lebih berat.
Jika Bapak ingin mengonsumsi kopi, sebaiknya membatasi asupan kafein nya sesuai dengan dosis yang aman. Namun, terkait berlari 5 km maka dapat membakar sekitar 500-750 kalori tergantung pada beberapa faktor, seperti berat badan, tingkat kecepatan, dan tingkat kemiringan jalur.
Untuk menghitung berapa banyak kalori yang terbakar saat berlari 5 km, maka bisa menggunakan kalkulator kalori online atau aplikasi olahraga (ada di web ahligizi.id). Masukan beberapa informasi seperti berat badan, usia, jenis kelamin, dan tingkat kecepatan berlari untuk mendapatkan perkiraan kalori yang terbakar. Namun, perlu diingat bahwa hasil yang diperoleh mungkin tidak 100% akurat karena setiap orang memiliki tingkat metabolisme yang berbeda-beda.
Untuk menurunkan berat badan, Bapak perlu membakar lebih banyak kalori daripada yang dikonsumsi. Selain berlari, Bapak juga bisa melakukan olahraga lain yang sesuai dengan kemampuan dan kondisi fisik Bapak, seperti bersepeda, berenang, atau berlatih yoga.
Salam svastha,
Agus Hendra AL-R .
13:25 29/12/2022