[Gizi Olahraga & Kebugaran]
Edwin Yonatan
Halo dok saya ingin tanya masalah mengurangi lemak. Sekarang kadar lemak saya sekitar 16%-17% sedangkan saya masih ingin menurunkan lemak saya sekitar 3% lagi. Tapi kok susah sekali ya. Waktu menurunkan kadar lemak 25% menjadi 17% lebih gampang.
Terus menimbang kadar lemak itu sebaiknya dilakukan sebelum makan kah? Makasih dokter ditunggu jawabannya.
12:47 08/04/2019
Yulvia Puspitaningrum, AMG ahligizi
Halo kak Edwin. Selamat ya sudah sukses menurunkan kadar lemak sebanyak 8%. Tetap semangat ya untuk rutin menerapkan pola hidup yg sudah dijalani. Untuk menurunkan hingga mencapai target ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. 1. Semangat dan keinginan dari dalam diri sendiri 2. Rutin melaksanakan aktifitas fisik, bisa 3 sd 4 kali seminggu dengan 1 kali latihan cardio di akhir pekan 3. Komposisi makanan yang masuk diperhatikan dan cara pengolahan makanannya 4. Istirahat yang cukup 5. Dan pikirannya rileks Untuk mengukur lemak sebaiknya dilakukan di pagi hari setelah bangun tidur. Selamat menerapkan pola hidup sehat.
11:08 14/04/2020