[Lainnya......]
anonim
Saya pcos apa yg harus saya kurangi?
18:00 19/12/2022
Agus Hendra Al Rahmad, AMG, SKM, MPH ahligizi
Sindrom polikistik ovarium (PCOS) adalah suatu kondisi yang ditandai dengan adanya kelenjar di ovarium yang memproduksi hormon testosteron berlebihan, yang dapat menyebabkan masalah kesuburan, perubahan pola haid, dan pertumbuhan rambut yang tidak normal. PCOS juga dapat meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan lain, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan penyakit jantung.
Untuk mengurangi risiko terjadinya masalah kesehatan yang disebabkan oleh PCOS, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya:
1. Mengatur pola makan yang sehat dan bergizi. Menurunkan asupan gula dan karbohidrat sederhana, serta meningkatkan asupan serat dan makanan yang mengandung lemak sehat seperti minyak zaitun, alpukat, dan kacang-kacangan dapat membantu mengurangi gejala PCOS.
2. Melakukan olahraga secara teratur. Olahraga dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan sensasi kenyang, dan mengontrol berat badan, yang semuanya dapat membantu mengurangi gejala PCOS.
3. Menghindari merokok dan minum alkohol. Merokok dan minum alkohol dapat memperburuk gejala PCOS dan meningkatkan risiko terjadinya masalah kesehatan lain.
4. Mengonsumsi obat-obatan yang diresepkan oleh dokter.
Salam sehat,
Agus Hendra Al-R
Salam sehat,
Agus Hendra Al-R
13:52 29/12/2022