[Bayi & Balita]
desi mopangga
Bayi dilahirkan prematur dgn berat 18.00gram dgn pnjng badan 39cm,dan d usia skrng bayi sdah 4buln dgn berat 4.7kg pnjng badan 52cm,status gizinya apa bisa dikatakan gizi buruk atau bgmna dok. Trimahkasih🙏
16:35 27/12/2022
Agus Hendra Al Rahmad, AMG, SKM, MPH ahligizi
Berdasarkan pertanyaan Ibu Desi, maka saya klarifikasi mungkin maksudnya adalah anak lahir prematur dengan berat= 1.800 gram dan panjang= 39 cm.
Saat ini anak ibu telah berusia 4 bulan dan memiliki berat 4.7 kg dan panjang= 52 cm.
Berdasarkan PMK no 2 tahun 2020, tentang penilaian status gizi anak secara antropometri di Indonesia, maka anak ibu masuk dalam katagori gizi anak ibu menurut indeks BB/U adalah Gizi Kurang. Anak ibu pada usia 4-5 bulan harus mampu mencapai 6.5 - 8.5 kg.
Untuk menambahkan berat badan pada anak usia 4-6 bulan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, di antaranya:
1. Berikan ASI secara eksklusif sampai usia 6 bulan. ASI merupakan sumber nutrisi terbaik bagi anak-anak kecil dan membantu menjaga pertumbuhan dan perkembangan yang sehat.
2. Tambahkan jumlah makanan padat yang diberikan. Ibu bisa memberikan puree sayuran dan buah-buahan yang dicampur dengan ASI atau air susu formula, atau makanan yang telah dicincang halus seperti daging atau ikan yang telah diolah.
3. Berikan makanan tambahan sesuai dengan usia anak. Setelah usia 6 bulan, Ibubisa mulai memberikan makanan tambahan seperti kacang-kacangan, tepung gandum, atau roti gandum yang telah dicincang halus atau dicampur dengan ASI atau air susu formula.
4. Jangan memberikan makanan yang terlalu banyak pada satu waktu. Anak-anak kecil hanya membutuhkan makanan dalam jumlah yang kecil, sehingga memberikan makanan dalam porsi yang lebih kecil tapi lebih sering dapat membantu menambah berat badan anak.
5. Jika Ibu masih khawatir tentang pertambahan berat badan anak, maka sebaiknya berkonsultasi secara luring dengan dokter anak atau ahli gizi untuk memastikan bahwa anak Ibu mendapatkan nutrisi yang cukup sesuai dengan usianya.
13:42 29/12/2022