[Lainnya......]
Adelita Wahyu Ramadani
Apakah penderita gagal ginjal kronik dengan hemodialisa yg kekurangan albumin aman untuk mengonsumsi suplemen ekstrak ikan gabus yg merupakan tinggi protein?
06:26 31/12/2022
Hallo Kak Adelita terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
Mengenai pertanyaan Kakak, ginjal itu sendiri sebenarnya merupakan organ yang cukup tangguh. Namun sayangnya, ketangguhan ini tidak disertai dengan pemulihan sebaik bagian tubuh lain. Saat ginjal mengalami kerusakan, apalagi sampai kategori gagal ginjal, ia tidak akan bisa pulih kembali seperti semula. Itu sebabnya penanganan pada kondisi gagal ginjal lebih kepada menggantikan peran ginjal serta menghindari kerusakan yang lebih parah.
Sehingga mengonsumsi ikan gabus/ekstraknya, atau sumber albumin lain tidak akan menyembuhkan penderita gagal ginjal. Dalam sebagian kasus mungkin albumin akan dibutuhkan, tapi itu akan berdasarkan bukti nyata bahwa orang tersebut butuh albumin, misalnya dari hasil pemeriksaan lab. Maka dari itu anjurannya bagi penderita gagal ginjal adalah rutin memeriksakan dirinya ke dokter penyakit dalam, mengetahui batasan cairan yang dapat dikonsumsinya, mengonsumsi obat secara rutin sesuai anjuran dokter, dan menerapkan pola hidup sehat.
Semoga Membantu 🙂
09:52 31/12/2022
Jika masih ada yang mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya
09:53 31/12/2022
Adelita Wahyu Ramadani
Namun jika nilai albuminnya rendah bisa diberikan apa selain suplemen ikan gabus?
10:40 04/01/2023
Selain Ikan Gabus > Bandeng, tongkol, layang, pepetek, kurisi, pisang-pisang merah, sepat, tawes, betok, dan mujair).
Apa masih ada yang mau ditanyakan kak?
11:14 04/01/2023
Adelita Wahyu Ramadani
Berarti sebenernya boleh ya diberikan ekstrak ikan pada penderita GGK dan sudah HD rutin dengan albumin rendah? Tambah memperberat kerja ginjal ga?
11:17 04/01/2023
Boleh,,, jika disesuaikan sama kebutuhannya pasti ga bakalan memperberat ginjal kak....
11:19 04/01/2023