[Masalah Berat Badan]
Ananda Desfa Syahrani
halo kak, saya ingin konsultasi tentang berat badan saya. saya perempuan usia 20th memiliki BB 80kg, TB 160cm. jika ingin memiliki BB ideal itu di angka berapa dan bagaimana caranya?
12:16 06/01/2023
Anak Agung Istri Kencana Sari Devi, S.Tr.Gz ahligizi
Halo kak, perkenalkan aku Gung Is
12:37 06/01/2023
Aktivitas kesehariannya apa saja kak?
12:37 06/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
sebagai mahasiswa kak
11:57 07/01/2023
Apakah sering melakukan aktivitas fisik atau lebih banyak duduk (sedentari)?
11:58 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
lebih banyak duduk kak, biasanya kalo pulanh kuliah juga tidur. termasuk org yang kuat tidur dan kuat begadang juga
12:05 07/01/2023
Baik kak, dari data yang kakak berikan maka kalori harian asli sebesar 1847 kkal. Namun karena diperlukannya defisit kalori untuk mencapai berat badan ideal kakak yaitu 54 kg maka kalori harian dikurangi 500 kkal jadi yang harus kakak konsumsi per harinya sebesar 1347 kkal ya
12:05 07/01/2023
Untuk makanan bisa bertahap dikurangi porsinya ya, contoh pada makanan pokok misalkan nasi yang awalnya 200 gr sekarang 100 gr saja di pagi dan malam, siang boleh 150 gr. Protein hewani seperti ayam, ikan, telur kemudian protein nabati seperti tahu, tempe dan kacang-kacangan pilih yang dimasak dengan cara direbus/kukus/tumis, hindari makanan yang tinggi lemak jenuh (makanan yang digoreng dan dimasak dengan santan, susu full cream, keju, mentega), kemudian makanan dan minuman yang tinggi gula. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran karena mampu memperlancar proses pencernaan dan serat yang terkandung didalamnya mampu memberikan rasa kenyang lebih lama. Sambil dibarengi juga dengan aktivitas fisik berfokus pada abs seperti gerakan plank, crunches, sit up, dan roll in. Kurangi begadang dan usahakan istirahat yang cukup minimal 7 jam/hari ya
12:06 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
kalo untuk menunya itu gimana ya kak? kadang masih bingung juga mau konsumsi apa
12:06 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
kalo porsi makan kayak nasi gitu baiknya seberapa ya kak?
12:07 07/01/2023
Menu makanan bisa divariasikan kembali lagi sesuai selera kakak ya, asalkan menghindari makanan yang digoreng, tinggi lemak jenuh, makanan manis dan santan.
12:09 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
biasanya saya sarapan roti tawar gandum itu, terus siangnya makan nasi 2 centong sama sayur lauknya telur/tempe/ayam/ikan. biasanya sore makan juga kayak diang gitu porsinya. malem kadang ngga makan
12:09 07/01/2023
Untuk konsumsi nasi jika biasanya 2 centong nasi maka sekarang dikurangi menjadi 1 centong nasi saja. Porsi karbohidrat sama dengan porsi sayuran ya kak
12:10 07/01/2023
Walaupun defisit kalori namun makan utama tetap 3x ya jangan sampai skip makan malam, hanya saja porsi yang dikurangi
12:11 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
oh iya kak
12:23 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
saya sebenernya baru² ini sarapan, biasanya tidak pernah karena kadang mules sakit perut
12:24 07/01/2023
Wah sudah bagus ya, pertahankan terus kak karena sarapan sangat penting agar konsentrasi tetap terjaga dan tubuh tidak mudah lelah untuk memulai aktivitas. Sarapan tidak perlu yang berat, roti seperti yang kakak sering konsumsi juga sudah baik hanya nanti pemilihan selainya lebih baik selai buah, jangan selai kacang atau coklat ya karena tinggi lemak dan gula
12:25 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
oh gitu ya kak, saya ada konsumsi teh gitu kayak teh apa ya kak yang buat diet² baunya nyengat rempah² gitu. nah itu kira² aman ga ka? konsumsinya cuma malam aja si kak
12:46 07/01/2023
Apakah ada keterangan informasi nilai gizi, kegunaan dan BPOM?
14:51 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
ada kak nilai gizinya
14:51 07/01/2023
Kegunaan dan BPOM?
14:52 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
ada kak bpomnya
14:52 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
kegunaannya membantu mengurangi lemak tubuh, tp disarankan untuk ttp olahraga
14:53 07/01/2023
Apakah sudah pernah mengecek no BPOM di website dan benar hasilnya keluar?
14:53 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
belum si kak, nnti coba saya cek kak
16:59 07/01/2023
Saya menyarankan untuk lebih menerapkan pedoman gizi seimbang saja yang berasal dari bahan makanan karena kebanyakan teh diet yang beredar di pasaran bersifat diuretik atau mengeluarkan cairan dalam tubuh dimana komposisi air di tubuh kita >50% yang mana jika dikeluarkan tentu angka ditimbangan pasti turun namun bukan lemak yang terbuang.
17:54 07/01/2023
Hati-hati juga jika produk tersebut mengklaim dapat menurunkan berat badan secara permanen atau turun 5 kg bahkan 10 kg dalam sebulan, karena yang baik adalah penurunan berat badan sekitar 0,5 - 1 kg per minggu.
17:55 07/01/2023
Ananda Desfa Syahrani
iyaaa kaaaa, terima kasih ka untuk informasi dan sarannya
18:03 07/01/2023
Dengan senang hati, semangat terus yaa ☺
18:14 07/01/2023