[Masalah Berat Badan]
anonim
Halo dokter, saya ingin bertanya berat badan. Berat badan saya dari sejak saya SMA hingga sekarang usia 27 tahun stuck di angka 45-47kg saja.
Pola makan seperti apa & olah raga yang bagaimana sehingga saya bisa mencapai berat ideal? Karena saya merasa & dibilang orang 'kurus'. BB saya saat ini 46kg, TB 158cm.
Terima kasih dokter. Semoga bisa terjawab keluhan saya :)
23:49 13/04/2019
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak atas pertanyaannya. Dengan tinggi badan dan berat badan tersebut, status gizi kakak tergolong normal dengan IMT 19,2 kg/m2 namun mendekati underweight. Anggapan kurus, normal, atau gemuk yang dirasakan disebut dengan persepsi tubuh yaitu menunjukkan pandangan terhadap keadaan tubuh yang sebenarnya dibandingkan dengan status gizi. Berat badan ideal kakak sekitar 52-64 kg. Untuk mencapai berat badan ideal, dapat dilakukan dengan cara menambah porsi makan sedikit demi sedikit, tetap makan utama 3 kali dan selingan 2 kali sehari. Melakukan olahraga ringan dan menjaga pola tidur. Semoga dapat membantu.
11:30 30/04/2020