[Masalah Berat Badan]
anonim
Dokter, saya berumur 21 tahun, belum menikah, tinggi 163 bb 45. Akhir januari lalu saya menjalani apendiktomi dan 2 minggu kemudian ternyata peritonitis lokal dan pcos . Sebelumnya mulai dari desember 2018 saya mengalami depresi dan stres sampai saat ini. Berat saya september 2018 adalah 49kg. Namun terus menurun, sampai rambut saya rontok parah sekali. Saya bingung bagaimana menaikkan berat badan saya dok, padahal saya suka makan, sering makan dan teratur. Trimakasih
07:03 14/04/2019
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak atas pertanyaannya. Depresi dan stress adalah komplikasi dari PCOS, sedangkan rambut rontok adalah tanda dan gelaja dari PCOS. Apendiktomi merupakan salah satu faktor resiko dari peritonitis lokal. Apendiktomi, peritonitis lokal, dan PCOS yang kakak alami saling berkaitan. Pola makan yang bisa diterapkan adalah mengonsumsi makanan yang tidak menyebabkan kembung dan indeks glikemik rendah. Seperti nasi merah, roti gandum, buah apel, buah pisang, buah pir, bayam, sawi, kangkung, selada, wortel, tomat, susu kedelai. Jumlah energi yang dikonsumsi untuk berat badan 45 kg adalah 1800 kkal per hari. Saat mengonsumsi makanan sebaiknya dikunyah dengan perlahan sampai makanan halus agar tidak memberatkan kerja pencernaan. Semoga dapat membantu.
13:10 30/04/2020