[Bayi & Balita]
anonim
Bagaimana memotivasi ibu agar terus mengolah makanan untuk anaknya Krn ibu selalu kecewa Krn anaknya tidak mau makan
14:05 16/01/2023
Ninuk Haryanti, S.Gz ahligizi
Halo Kak, terima kasih atas pertanyaan yang di ajukan kepada kami :) Yang pertama, saya ucapkan selamat telah menjadi orang tua. Selanjutnya berapakah usia ananda sekarang ya? Menolak makan atau istilah kerennya Gerakan Tutup Mulut (GTM) memang menjadi hal yang sering membuat orang tua khususnya Ibu harus bisa mengelola emosinya dengan baik karena tak sedikit orang tua yang stres menanggapi hal tersebut. Ditambah lagi faktor lingkungan yang membuat suasana hati dan pikiran tidak kondusif ya Kak, misalnya BB anak ternyata tidak naik di timbangan terakhir atau status gizi anak tergolong gizi kurang, ditambah lagi omongan mertua atau tetangga terhadap anak misalnya. Tidak dipungkiri hal-hal tersebut menjadikan demotivasi pada Ibu dalam memberikan makanan pada anaknya dengan responsif feeding. Apa itu responsif feeding? bisa dibaca selengkapnya di sini ya Kak https://ahligizi.id/blog/2021/02/22/rahasia-sukses-pemberian-makan-melalui-responsive-feeding/#.Y9HO7Ueuy80.whatsapp yang intinya mengenai kebiasaan dan energi positif orang tua/pengasuh dalam memberikan makanan kepada anak dengan proses yang menyenangkan.
21:44 26/01/2023
Ninuk Haryanti, S.Gz ahligizi
Tidak melulu karena variasi makanan yang Ibu berikan, banyak faktor yang menyebabkan anak tidak mau makan atau sedikit makan diantaranya: 1. Anak masih kenyang, disini seninya menjadi seorang Ibu, Ibu tau kapan anaknya lapar dan kenyang. Mungkin anak sudah makan snak di waktu- waktu di antara jam makan. 2. Ada pengalaman makan yang kurang menyenangkan, misalnya agak sedikit dipaksa agar makanan masuk mulut. 3. Orang tua/Pengasuh tidak memberikan kesempatan anak untuk mengeksplorasi makanannya sendiri, karena makan adalah sebuah proses belajar, anak menginginkan proses belajar yang menyenangkan. Lupakan sejenak tentang rumah bersih dan rapi, biarkan lantai kotor karena semburan makanan dan sendok yang dilempar hehe;) 4. Lingkungan yang membuat distraksi misalnya sambil nonton TV atau bermain. 5. Jika faktor yang tadi sekiranya tidak masuk menjadi alasan mungkin benar,ananda tidak mau makan karena agak bosan dengan variasi makanan yang diberikan.
21:58 26/01/2023
Ninuk Haryanti, S.Gz ahligizi
Saya juga seorang Ibu, memang sangat efforts sekali ya Kak ketika menyiapkan makanan untuk anak, apalagi untuk anak yang masih dibawah 1 tahun (auto bayangin) hehe.. Menu makanan tidak harus selalu baru agar anak mau makan, bisa dengan beberapa trik misalnya: 1. Memberikan bentuk-bentuk yang lucu atau menarik 2. Memberikan suasana yang nyaman saat makan misalnya sambil bernyanyi ketika menjelaskan makanan kepada anak 3. Mengajak anak makan bersama
22:04 26/01/2023
Ninuk Haryanti, S.Gz ahligizi
Support system terbaik seorang Ibu adalahnya suaminya. Ibu bisa mencoba curhat dan mengkomunikasikan apa yang Ibu rasakan kepada suami terkait hal tersebut. Bisa jadi ada solusi misalnya suami jadi sering hadir menemani anak makan ketika pulang bekerja misalnya. Suami membantu mengurus anak sehingga Ibu jadi ada waktu lebih untuk explore menu-menu baru untuk si Buah Hati 😀. Dan.. Satu lagi.. Ibu tidak sendirian, banyak Ibu di luar sana yang pernah menghadapi anak yang GTM, jadi tetap semangat ya Ibu, untuk semua Ibu hebat yang ingin memberikan yang terbaik untuk si buah hati. Semoga bisa membantu ya Kak, Terima Kasih.
22:11 26/01/2023