[Masalah Berat Badan]
anonim
Hallo, bagaimana bisa gula / karbohidrat yang kita konsumsi (berlebihan) bisa menjadi lemak dalam tubuh kita ?
07:52 18/01/2023
Ninuk Haryanti, S.Gz ahligizi
Hi, Kak.. terima kasih atas pertanyaan yang diberikan kepada kami melalui Aplikasi Dietducate :) Zat gizi yang menyebabkan tubuh kita gemuk tidak hanya bersumber dari lemak saja, zat gizi makro lain seperti KH dan Protein juga berperan jika konsumsi berlebihan.
23:30 26/01/2023
Ninuk Haryanti, S.Gz ahligizi
Nutrisi 0 Suka Simpan Konsultasi Baru Tanya Dokter Bagikan Home Nutrisi Obesitas Bagaimana dan Dari Mana Lemak Tubuh Berasal?  Ditulis oleh Nimas Mita Etika M Diperbarui 24/02/2022  Ditinjau secara medis oleh dr. Andreas Wilson Setiawan  Iklan   ‘Lemak itu jahat.’ Iklan  ‘Awas, makan banyak lemak nanti gemuk.’ Pernyataan-pernyataan tersebut mungkin sering kali Anda dengar dan akhirnya Anda membatasi makanan sumber lemak. Padahal apakah Anda tahu bahwa lemak sebenarnya tidak jahat seperti apa yang Anda pikirkan? Tidak semua lemak jahat, tergantung dengan jenis dan jumlah yang dimakan. Namun, apakah benar hanya makanan berlemak yang membuat gemuk? Bagaimana dengan makanan yang mengandung karbohidrat dan protein? Apakah banyak mengonsumsi makanan tersebut membuat Anda terbebas dari kegemukan dan lemak yang menumpuk? Bagaimana lemak tubuh bisa terbentuk? Ya, sesungguhnya bukan lemak saja yang menjadi satu satunya alasan mengapa Anda memiliki banyak lipatan lemak di dalam tubuh. Lemak tidak jahat, lemak sama dengan zat gizi makro lainnya yang juga dibutuhkan dalam tubuh. Sebenarnya lemak dibutuhkan rata-rata 20 hingga 25 persen dari total kalori yang dimakan dalam satu hari. Bahkan masih lebih besar kebutuhan akan lemak dibandingkan dengan protein yang hanya 10 hingga 20 persen dari total kalori. Lalu apa yang membuat lemak menjadi ‘tersangka utama’ dari kegemukan? Iklan  Lemak di dalam tubuh adalah lemak dalam bentuk trigliserida yaitu hasil dari metabolisme lemak tidak hanya sumber makanan berlemak saja, namun juga bersumber dari makanan yang mengandung protein dan karbohidrat. Makanan yang mengandung lemak jelas akan dimetabolisme oleh tubuh menjadi asam lemak. Ketika asam lemak sudah terakumulasi terlalu banyak, maka tubuh akan menyimpannya menjadi trigliserida atau lemak dalam tubuh. Lalu bagaimana dengan karbohidrat dan protein?
23:33 26/01/2023