[Masalah Berat Badan]
Indri Sadi
saya indri, 25thn. BB 95kg dgn TB 165. saya ingin bertanya dok, untuk bisa menurunkan berat badan saya harus mengurangi asupan kalori saya brp? terus saya harus makan apa dan harus bagaimana selanjutnya? karna saya sudah melakukan bernagai cara BB saya hanya turun 3kg dan setelah itu naik lagi. terimakasi dok
04:51 15/04/2019
Mirna Rahmasari, S.Gz ahligizi
Terima kasih kak Indri Sadi atas pertanyaannya. Berat badan ideal kakak sekitar 59-71 kg. Untuk mencapai berat badan ideal, dapat mengurangi konsumsi energi 500-1000 kkal/hari untuk menurunkan berat badan 0,5-1 kg/minggu. Atau dapat dengan cara mengonsumsi energi sebesar 1200 kkal/hari dengan contoh menu diet yaitu beras 2 gelas nasi, telur ayam setengah butir, ikan 2 potong sedang, tempe 4 potong sedang, sayuran 2,5 gelas (1 gelas=100 g), pepaya 5 potong, tepung susu skim 4 sdm, dan penggunaan minyak 1 sdm. Selain dengan mengurangi porsi makanan, diet penurunan berat badan dapat juga dibantu dengan olahraga. Semoga dapat membantu.
13:35 29/04/2020