[Kehamilan]
anonim
Makanan yang boleh dan harus di hindari penderita PCO saat promil? Makasih kak
06:10 04/02/2023
Hallo kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
Berikut pantangan makanan yg tidak disarankan > Gula merupakan pantangan utama bagi wanita yang mengalami PCOS. PCOS umumnya diderita oleh wanita dengan kadar insulin yang tinggi. Perlu diketahui bahwa insulin merupakan hormon pada pankreas yang berfungsi untuk mengubah gula menjadi energi. Jika kadarnya berlebihan, maka tubuh tidak bisa mengontrol kadar gula dalam darah.
Inilah yang membuat ovarium menghasilkan lebih banyak hormon androgen. Akibatnya, gangguan PCOS semakin parah hingga sulit untuk dikendalikan.
_Kafein > Pantangan makanan untuk penderita PCOS berikutnya adalah kafein. Hampir sama dengan rokok, kafein yang terdapat pada kopi atau teh dapat menurunkan hormon estrogen pada tubuh. Tak hanya itu, kandungan kafein juga bisa meningkatkan produksi hormon androgen pada wanita.
Jadi, wanita dengan gangguan PCOS yang mengonsumsi kafein berpotensi mengalami lonjakan androgen pada tubuh. Akibatnya, sel telur semakin sulit untuk berkembang dan dilepaskan dengan sempurna.
_Alkohol > mengandung zat yang memperparah gangguan PCOS pada tubuh wanita. Untuk itulah, alkohol menjadi salah satu pantangan makanan untuk pe derita PCOS.
Tidak hanya itu, mengonsumsi alkohol juga dapat memicu terjadinya kemandulan, gangguan kesuburan, serta reproduksi.
_Daging Olahan > Sudah menjadi rahasia umum bahwa daging olahan memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatan, termasuk bagi penderita PCOS. Daging olahan mengandung lemak jenuh dalam kadar berlebih yang mengganggu sistem reproduksi serat kesuburan.
Makanan ini juga memicu penyakit diabetes, hipertensi, serta produksi hormon androgen berlebih.
_Susu >memiliki kadar lemak dan gula yang cukup tinggi, terlebih jika Anda membuat susu dengan campuran gula atau pemanis lainnya.
Dan berikut makanan yang dianjurkan bagi penderita PCOS:
Sayuran, terutama kacang polong, bayam, labu dan brokoli.
Buah, terutama beri, pir, jeruk, ara, dan kiwi.
Gandum utuh, beras merah, quinoa, gandum, jelai dan buckwheat.
Legum seperti lentil, buncis, kedelai dan kacang merah.
Sereal yang dibuat dari dedak gandum, psyllium atau gandum utuh.
Kacang dan biji, seperti almond, rami, dan biji bunga matahari.
Sekian Jawaban dri sy,,,
Semoga membantu🙂
07:43 05/02/2023
Jika masih ada yang mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
07:44 05/02/2023