[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
sucining rahmasari
Ijin bertanya, apakah benar kalau makan buah jambu biji bagian dalam (banyak bijinya) itu tidak baik? Lalu benarkah penyebab radang usus buntu karena terlalu banyak makan biji bijian seperti biji jambu dan biji cabai?
13:53 10/02/2023
Hallo Kak,,, Trmksih sudah bertanya di Dietducate:
_Ya jawabannya benar kak > Faktanya biji2an tergolong ke dalam jenis makanan yang sulit untuk dicerna oleh usus.
_Penyakit usus buntu merupakan peradangan pada usus buntu atau apendiks. Seseorang dapat menderita penyakit usus buntu karena beberapa faktor, seperti infeksi cacing atau parasit, usus tersumbat oleh feses, cedera di bagian perut, dan pembesaran kelenjar getah bening di dinding saluran cerna.
_makanan yang diduga dapat meningkatkan risiko kejadian radang usus buntu, antara lain:
1. Produk olahan daging seperti nuget, sosis, hingga bakso kerap disebut sebagai makanan yang menyebabkan usus buntu. Ketiga jenis makanan olahan daging tersebut ditengarai menjadi makanan penyebab usus buntu oleh karena kandungan seratnya yang dinilai rendah. Sebagaimana diketahui, serat adalah zat yang dibutuhkan oleh sistem pencernaan agar dapat berfungsi dengan baik. Akibat kekurangan serat, organ pencernaan akan mengalami masalah yang bisa saja berujung pada kondisi usus buntu.
2. Buah kering, adalah jenis makanan yang kandungan seratnya sangat minim sehingga jika Anda mengonsumsinya secara sering, dikhawatirkan akan mengganggu kesehatan organ pada sistem pencernaan. Tidak ada salahnya untuk mengonsumsi buah kering, namun batasi konsumsinya dan imbangi dengan makan makanan bergizi lainnya terutama yang mengandung banyak serat.
3. Biji-bijian seperti biji gandum maupun yang lainnya tergolong ke dalam jenis makanan yang sulit untuk dicerna oleh usus. Saat makanan sulit dicerna, otomatis makanan tersebut akan mengendap di dalam usus. Jika terus menerus dibiarkan hingga menumpuk, makanan yang mengendap dan semakin mengeras tersebut akan menutupi rongga yang ada pada usus buntu. Usus buntu pun akan mengalami peradangan yang jika tidak segera ditangani dapat berujung pada timbulnya penyakit usus buntu tersebut.
4. Daging merah > Daging juga berpotensi menjadi makanan penyebab usus buntu. Para peneliti di India menemukan suatu kasus di mana seorang wanita berusia 38 tahun didiagnosis menderita penyakit usus buntu akibat terkontaminasi cacing pita dari spesies Taenia atau biasa dikenal sebagai ‘cacing pita sapi’ oleh karena umumnya hidup di dalam tubuh sapi. Oleh karena itu, sebaiknya bersihkan daging terlebih dahulu kemudian masak sampai benar-benar matang sebelum Anda mengonsumsinya.
5. Makanan pedas > Faktanya, makanan pedas juga tidak secara langsung menyebabkan seseorang mengalami penyakit usus buntu. Mengonsumsi makanan pedas memang menimbulkan gejala-gejala yang terasa di sekitar area perut seperti perut sakit, mulas, dan sebagainya. Gejala-gejala tersebutlah yang kerap kali disalah artikan sebagai gejala usus buntu
6. Makanan mengandung pemanis buatan sebaiknya Anda hindari atau setidaknya batasi konsumsinya. Makanan mengandung gula jika dikonsumsi secara berlebihan juga bukan tidak mungkin dapat menyebabkan peradangan pada usus yang bisa berujung pada penyakit usus buntu.
7. Fast food atau makanan cepat saji juga tidak disarankan karena jenis makanan ini juga termasuk ke dalam jenis makanan penyebab usus buntu secara tidak langsung. Komposisi fast food seperti burger dan hotdog yang cenderung kaya akan lemak dan minim serat menjadi alasan mengapa mengonsumsinya terlalu sering dapat berdampak buruk terhadap sistem pencernaan yang pada akhirnya bisa meningkatkan risiko penyakit usus buntu.
8. Produk olahan susu seperti keju juga ternyata memiliki peran dalam meningkatkan risiko penyakit usus buntu. Pasalnya, produk olahan susu cenderung lebih sulit untuk dicerna oleh usus. Jika mengonsumsinya secara terus-menerus tanpa mengimbangi dengan konsumsi makanan berserat, yang terjadi adalah menumpuknya sisa makanan tersebut di dalam usus. Selanjutnya tumpukan makanan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada usus yang bisa menjalar sampai ke usus buntu
Semoga membantu🙂
12:16 11/02/2023
Jika masih ada yang mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya....
12:17 11/02/2023
sucining rahmasari
Terimakasih jawabannya
12:56 11/02/2023