[Masalah Berat Badan]
anonim
Salam damai sejahtera. Ijin bertanya. Saya cewe berusia 22 tahun dengan TB 150 & BB 38 saja. Setahun lalu saya mengonsumsi pil penambah BB instan, cepat gemuk sih, namun mendapatkan efek moonface. Sejak itu siklus haid sy juga bermasalah Ketika saya berhenti minum, siklus haid lumayan membaik. Tapi lagi-lagi badan tambah kecil. Menyusut. Saya jadi parno jika menyinggung soal kesuburan juga. Padahal makan sudah teratur. Kegiatan sehari-hari memamg full di kantor. Kebanyakan duduk. Kadang begadang. Nmn masih sempat senam seminggu sekali. Kondisi sy rutin minum susu kedelai (alergi protein susu sapi). Jadi tips menjaga kesuburan & berat badan gmn ya? Masih khawatir sama efek pil yg pernah saya minum jg
10:32 04/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Tips Menjaga kesuburan & Berat badan 1. Gaya Hidup Sehat > Melansir Mayo Clinic, menjalani gaya hidup sehat menjadi salah satu cara yang bisa di lakukan untuk menjaga/menigkatkan kesuburan pada wanita. Hindari kebiasaan merokok dan juga mengonsumsi alkohol. Selain dapat mengganggu kesuburan pada wanita, kebiasaan ini nyatanya dapat menyebabkan gangguan kesehatan lainnya, seperti gangguan jantung maupun paru-paru. 2. Jaga Berat Badan > Journal of The Turkish German Gynecological Association mengatakan obesitas berkaitan langsung dengan masalah kesuburan. Wanita dengan berat badan yang berlebih berisiko alami gangguan pada kesehatan reproduksi. Selain obesitas, wanita dengan berat badan kurang sama berisiko mengalami masalah kesehatan pada reproduksi yang mempengaruhi kesuburan. Jadi, tidak ada salahnya untuk selalu menerapkan pola makan sehat agar dapat memiliki berat badan yang stabil. 3. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi > Melansir Healthy Women, asupan makanan yang dikonsumsi menjadi salah satu cara yang bisa dilakukan untuk Menjaga/meningkatkan kesuburan. Tidak disarankan mengonsumsi makanan cepat saji. Disarankan Konsumsi makanan yang mempengaruhi kesuburan, seperti sayuran yang berwarna hijau, buah alpukat, buah bit, yoghurt, ikan salmon, dan juga kacang-kacangan. 4. Rutin Olahraga > Rutin berolahraga membantu untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Melansir Healthline Parenthood, rutin berolahraga setiap minggunya dapat berkaitan langsung dengan penurunan risiko tidak subur pada wanita sebanyak 5 persen. Jadi, jangan ragu untuk melakukan olahraga setiap harinya. Namun ingat, jangan olahraga secara berlebihan. Olahraga secara berlebihan bisa memberikan dampak buruk pada kesuburan. 5. Kelola Stres > Salah satu hal yang meningkatkan kesuburan dengan mengurangi tingkat stres yang dialami. Gangguan kecemasan, gelisah, stres, dan depresi dapat menurunkan kesuburan pada wanita. Tidak ada salahnya sempatkan untuk beristirahat atau berlibur sejenak agar mampu mengelola stres dengan baik. Semoga Membantu🙂
10:44 04/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ada yang mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak....
10:44 04/05/2023