[Anak Sekolah & Remaja]
anonim
Makanan apa yang sebaiknya dihindari saat berjerawat? Apakah ada makanan pemicu/penyebab jerawat? Makanan apa yang baik untuk kulit berjerawat? Mohon penjelasannya juga ta
15:20 21/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Pantangan makanan saat berjerawat: 1. Keripik kentang > Keripik kentang mengandung karbohidrat tinggi yang dapat memicu peningkatan insulin dan glukosa dalam tubuh. Selain keripik kentang, kentang goreng dan roti juga memiliki karbohidrat tinggi yang sebaiknya tidak dikonsumsi. 2. Makanan dan minuman manis > Makanan dan minuman yang tinggi gula, seperti kue manis, soda, dan jus buah kemasan yang diberi gula tambahan, juga dapat menimbulkan jerawat. Hal ini dikarenakan kandungan glukosa yang cukup tinggi dapat memicu peningkatan insulin dan menyebabkan jerawat. 3. Makanan olahan susu > Susu, keju, dan makanan olahan susu sapi lainnya seperti es krim, meski kaya dengan kandungan kalsium, ternyata dapat menyebabkan jerawat jika dikonsumsi berlebihan. Asam amino yang terkandung dalam produk susu juga dipercaya dapat menyebabkan kelenjar minyak semakin aktif dan memicu timbulnya jerawat. 4. Makanan berminyak > Makanan berminyak umumnya mengandung lemak dan garam yang tinggi, misalnya gorengan dan makanan cepat saji. Kandungan lemak tersebut dapat berpengaruh pada munculnya jerawat. Selain keempat jenis makanan di atas, banyak hal lain yang dapat menyebabkan jerawat. Contohnya adalah konsumsi obat-obatan tertentu, kadar hormon dalam tubuh, dan stres. Semoga membantu😊
17:41 21/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ada yang mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya...
17:41 21/05/2023
anonim
Baik bu, terima kasih
09:02 29/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
sma2 kak😊
09:02 29/05/2023
anonim
Oh iya, lalu apakah ada makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk org yg lagi jerawatan ya??
09:04 29/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Makanan yang Perlu Dikonsumsi saat Berjerawat: Makanan Probiotik atau Yoghurt Probiotik adalah bakteri yang dianggap memiliki efek menguntungkan pada usus, sering juga disebut sebagai bakteri baik. Bakteri tersebut dapat mengurangi peradangan untuk membantu mencegah dan mengatasi jerawat. Mereka juga bisa menurunkan kadar IGF-1. Itulah sebabnya yoghurt baik dikonsumsi saat berjerawat ataupun sedang tidak berjerawat untuk pencegahan. Makanan Kaya Antioksidan Sifat antiinflamasi pada antioksidan dapat memberikan efek yang baik untuk mengatasi jerawat. Mengonsumsi makanan sehat kaya antioksidan dapat melawan radikal bebas dan stres oksidatif di dalam tubuh yang bisa menenangkan jerawat. Contoh makanan yang kaya akan antioksidan adalah sayur-sayuran dan buah-buahan. Kacang-kacangan Kacang-kacangan seperti kenari dan almond, kaya akan asam lemak omega-3 dan zinc yang dapat membantu melawan peradangan jerawat. Zinc bersifat antiinflamasi, mengurangi tingkat bakteri penyebab jerawat, dan menurunkan produksi sebum. Ikan dengan Lemak Sehat Lemak ikan bersifat antiinflamasi yang berperan dalam menenangkan kulit yang rentan berjerawat. Karena lemak yang tidak sehat dapat memicu peradangan jerawat, sehingga jerawat semakin memburuk. Lemak sehat ikan yaitu asam lemak omega-3, seperti terkandung dalam ikan salmon dan sarden. _Cara Lain untuk Merawat Jerawat Mencuci wajah dua kali sehari dan setelah berkeringat atau berolahraga. Mencuci rambut, terutama rambut berminyak dengan sampo secara teratur. Menggunakan produk perawatan kulit dan kosmetik yang lembut dan bebas minyak. Menghindari memencet, mengopek, atau menyentuh jerawat. Hindari paparan sinar matahari terlalu lama. Semoga membantu😊
09:09 29/05/2023
anonim
Waahh terimakasih banyak atas ilmunya bu. Sangat berguna sekali bagi saya. Tuhan berkati 😇🙏🏻
11:55 01/06/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Sama2 kak😊🙏
11:56 01/06/2023