[Bayi & Balita]
sucining rahmasari
Mau tanya dong.. untuk MP-ASi, utamanya untuk anak 6-12 bulan, apakah boleh mengkonsumsi dagung ayam negri? Atau harus ayam kampung ya?
18:49 24/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Assalamualaikum kak Sucining,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Untuk pengonsumsian daging ayam negri maupun kampung kedua jenis tersebut boleh ya kak > yg harus diperhatikan adalah teksturnya.
18:54 24/05/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
_Pada awal pemberian makanan pendamping ASI sebaiknya diberikan dalam porsi kecil, bahkan tekstur makanan pendamping  ASI dalam hari hari pertama harus cair menyerupai ASI. Hal ini untuk membantu bayi dalam menyesuaikan diri dengan makanan barunya sehingga tidak merasa asing dengan makanan baru. _Usia 7-8 bulan  Pada usia ini bayi Kakak sudah dapat diperkenalkan dengan makanan saring, tentunya dengan tekstur yang lebih kasar namun masih dapat disesuaikan dengan pencernaan bayi Kakak. Berikan pada porsi yang kecil, tidak perlu was-was bayi kelaparan karena masih diberikan ASI meskipun dalam jumlah yang terbatas. _Usia 9 bulan  Kini, memasuki usia 9 bulan bayi dapat diperkenalkan pada tekstur makanan yang lebih kasar dari sebelumnya. Sebagai tahap awal, Kakak dapat memberikan campuran tim saring dengan tim biasa sehingga tidak membuat pencernaannya terkejut. Apabila pada hari hari terakhir bayi Kakak menerima maka dapat diberikan nasi tim dengan campuran lauk dan sayuran. Dengan begitu anak Kakak akan terbiasa dengan makanan sehat keluarga. _Bayi usia 12 bulan  Pada usia 12 bulan, anak sudah dapat diberikan menu makanan seperti menu keluarga. Hal ini berhubungan dengan pertumbuhan gigi bayi pada usia ini. Hindari menggunakan bumbu dengan bau yang tajam dan juga tekstur yang terlalu keras. Ajaklah untuk makan bersama dengan keluarga di meja makan sehingga terbiasa dengan pola makan keluarga. Siapkan pula piring dan sendok dengan bahan khusus bayi. Semoga membantu Kak😊
18:59 24/05/2023