[Diet Asam Urat]
Sentiche Manikameng
Pantangan makan
10:21 05/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih banyak telah menghubungi DIETDUCATE, Penderita asam urat disarankan banyak minum air putih dan cairan jus buah karena air membantu mengeluarkan asam urat melalui urin. Makanan yang baik dan sehat untuk penderita asam urat adalah yang kadar purinnya rendah tetapi harus memenuhi cukup energi, protein, mineral dan vitamin. Bahan makanan yang dianjurkan antara lain nasi, bubur, bihun, roti, gandum, makaroni, pasta, jagung, kentang, ubi, talas, havermout, sumber protein hewai yang dianjurkan, telur, susu skim/susu rendah lemak, sayuran yang diperbolehkan wortel, labu siam, terong, pare, oyong, ketimun, labu air, selada air, tomat, dan lobak, sedangkan untuk buah semua macam buah boleh untuk dikonsumsi.
08:18 10/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Bahan makanan yang dibatasi antara lain daging sapi, daging ayam, ikan tongkol, tenggiri, bawal, bandeng, kerang, udang dibatasi maksimal 50 gram/hari. Sumber protein nabati yang dibatasi diantaranya tempe, tahu maksimal 50gram/hari dan kacang-kacangan (kacang hijau, kacang tanah, kedelai) paling banyak 25gram/hari.
Sayuran yang dibatasi yaitu bayam, buncis, daun/biji melinjo, kapri, kacang polong, kembang kol, asparagus, kangkung dan jamur Teh kental atau kopi sebaiknya dihindari.
08:22 10/07/2023