[Masalah Berat Badan]
Rahmah Hida Nurrizka
Bagaimana mengatur makanan setiap hari untuk masalah jantung dan saraf terjepit
19:22 06/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih banyak telah menghubungi DIETDUCATE, ada pun beberapa saran yang dapat diberikan, Rekomendasi ACC / AHA adalah untuk diet tinggi sayur, buah-buahan, biji-bijian, unggas rendah lemak, ikan, minyak nabati, kacang-kacangan. mengurangi makanan yang tinggi lemak (digoreng dan daging merah, kuning telur), kurangi minuman soda, kopi, alkohol.
08:42 10/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Beberapa tips untuk diet penyakit jantung. Memilih karbohidrat kompleks seperti nasi, jagung, ubi, singkong, dsb dibanding karbohidrat sederhana seperti gula, makanan manis, dll Membatasi konsumsi lemak jenuh dan lemak trans. Lemak jenuh merupakan lemak yang berbentuk padat pada suhu ruangan seperti lemak dari hewani, lemak ini mampu meningkatkan kadar LDL tubuh. berjuang untuk mengurangi asupan protein hewani, terutama daging merah dan produk susu berlemak tinggi. Lemak trans biasa terkandung dalam makanan olahan seperti cake, cookies, keripik, makanan cepat saji seperti pizza atau burger. Jenis lemak ini mampu meningkatkan kadar LDL dan menurunkan kadar dari LDL Meningkatkan konsumsi lemak tak jenuh yang baisa dari protein nabati. Makan protein nabati seperti dari biji-bijian atau tahu tempe, menurut penelitian protein nabati mampu menurunkan kadar kolesterol LDL dalam tubuh Banyak makan serat karena serat (sayur dan buah) mampu menurunkan kadar kolesterol karena kolesterol akan langsung dingin dan dibuang melalui usus dan tidak terserap tubuh.
08:44 10/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Serat, vitamin, mineral paling banyak di sayuran dan buah-buahan. Pilih sayuran yang bewarna macam-macam seperti brokoli, kembang kol, wortel, terong karena warna antioksidan. Antioksidan dapat membantu membersihkan atau mengurangi proses buruk untuk jantung. Serat bagus dalam menurunkan dan mengendalikan kadar kolesterol dan kadar gula darah dimana gula merupakan faktor resiko terkena penyakit jantung. Protein yang mengandung kolesterol tidak terlalu tinggi dan mempunyai efek antioksidan. Seperti ikan dan daging putih (ayam tanpa kulit). Ikan mengandung omega-3 yang mempunyai sifat melindungi terhadap jantung. Ikut menurunkan kadar kolesterol buruk dan menaikkan kolesterol baik (HDL). Kolesterol yang berlebih terdapat di daging sapi, kambing, terutama organ dalam seperti otak, hati, jantung, usus, dan lambung (babat). Buah juga berwarna-warni, warnanya memiliki efek antioksidan yang bagus untuk tubuh. Antioksidan dapat mengurangi efek inflamasi dan racun yang masuk. Alpukat salah satu sumber omega-9 MUFA, bagus untuk menaikkan kadar kolesterol HDL asal dikonsumsi tanpa menggunakan gula dan sejenisnya. Sehari cukup 1 buah alpukat dengan 2x konsumsi, setengah potong untuk sekali makan. Garam yang dianjurkan sehari yaitu 1 sdt rata, digunakan di akhir saat sudah selesai dimasak dan akan dimakan. Garam yang cukup karena jika rendah akan memberikan efek buruk seperti inflamasi, proses cairan jadi lebih banyak.
08:46 10/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Manajemen Gaya Hidup pada Penyakit Jantung Koroner Rutin periksa tekanan darah, kadar kolesterol tubuh, serta kadar gula darah. Kurangi stres atau kelola stres Berhenti merokok dan berhenti minum minuman beralkohol Menurunkan berat badan bagi orang yang mengalami kegemukan dan tetap mempertahankan berat badan ideal. Olahraga secara rutin dapat meningkatkan fungsi otot jantung setelah serangan jantung dan mencegah terjadinya serangan jantung berikutnya. Beberapa olahraga untuk penderita penyakit jantung antara lain jalan kaki, joging, bersepeda, dan berenang. Jika bisa lakukan 30 menit 5 kali.
08:47 10/07/2023