[Masalah Berat Badan]
siti fatimah
Ingin menaikan Berat Badan, dengan kondisi mempunyai riwayat magh dan hipertiroid. Bagaimana menu yang sebaiknya dikonsumsi? Terimakasih
20:07 13/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih banyak telah menghubungi Dietducate, pertama" untuk pengaturan makan dengan adanya gangguan hipertiroid sendiri adalah energi tinggi protein tinggi di antaranya : untuk kecukupan energi bisa memilih makanan yg tinggi karbohidrat seperti jagung, ubi, singkong, talas, roti, biskuit, nasi putih/merah sedangkan untuk protein sendiri bisa didapatkan dari makanan hewani maupun nabati (ikan, ayam, telur, daging, kacang"an dan kedelai baik segar maupun olahan)
Vitamin diberikan cukup, terutama vitamin A, B kompleks, dan C dapat diberikan dalam bentuk suplemen (sesuai dosis dari dokter) .
Mineral kalsium, fosfor, vitamin D harus cukup.
Serat diberikan cukup dari buah dan sayur.
Air diberikan minimal 3 liter per hari.
Pemberian makan porsi kecil dan sering untuk mengatasi kondisi nafsu makan yang menurun.
15:47 16/07/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
adapun untuk penderita maag kurangi makanan yang pedas, gorengan, kopi soda dan alkohol, istirahat yang cukup dan jangan lupa berjemur di pagi hari..
15:48 16/07/2023