[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
Cekrek Bandung
Bumil dilarang makan ikan, nanas dan timun?
09:35 02/08/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Terima Kasih telah menghubungi dietducate, makanan yang dilarang atau dibatasi jumlahnya antara lain 1. Durian : mengandung senyawa aktif berupa organo-sulfur dan tryptophan. Di dalamnya juga terdapat agen antioksidan, antimikroba, dan antibakteri. Namun, nutrisi tersebut justru dapat memicu tekanan darah tinggi atau hipertensi pada ibu hamil dapat memicu kondisi berbahaya, seperti preeklampsia.
2. Nanas menjadi buah yang tidak boleh dimakan ibu hamil selanjutnya. (pembatasan buah nanas saat kehamilan diawal trimester 1,2) Di dalamnya terkandung enzim bromelain yang dapat mengganggu keseimbangan protein dalam tubuh dan memicu perdarahan. jika ingin makan usahakan hanya 1 potong sedang dalam batasan (cukup)
3. Ikan sendiri memiliki berbagai nutrisi seperti protein, omega 3, dan vitamin lainnya dan dapat mendukung perkembangan otak janin dalam kandungan. Namun, tidak semua ikan dapat dikonsumsi saat hamil, terutama ikan dengan kandungan merkuri yang tinggi.
Paparan logam merkuri dapat merusak sistem saraf dan mengganggu fungsi otak janin.
ikan yang bisa dikonsumsi ialah (ikan salmon, ikan sarden, ikan lele, mujair, semua jenis seafood jika tidak ada alergi).
ikan yang tinggi merkuri dihindari seperti tuna, makarel, marlin
4. timun bisa dikonsumsi selama kehamilan namun tetap dalam jumlah terbatas, karena mentimun juga bisa menimbulkan beberapa masalah seperti masalah pencernaan, alergi, hiperkalemia.
10:20 02/08/2023