[Diet Diabetes Mellitus]
Akil Munawar
Diet untuk diabetes melitus dengan ulkus kaki dan gagal ginjal gimana ya kak ? Berapa gram protein yang dianjurkan ? Terimakasih
18:34 02/08/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih telah menghubungi dietducate, Sebelumnya usia, jenis kelamin beserta BB dan TB berapa yaa?
09:55 03/08/2023
Akil Munawar
Laki-laki, usia 69 tahun, BB 85 kg TB 170 cm
09:42 04/08/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
sebelumnya ada beberapa prinsip dalam pemberian makan untuk penderita DM sendiri diantaranya : Dalam melaksanakan diet, penderita DM tipe 2 harus mengikuti anjuran 3J, yaitu jumlah makanan, jenis makanan dan jadwal makanan .
09:37 06/08/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
3 J di antara nya 1. jumlah makanan (standar diet yang diberikan sesuai kebutuhan dan komplikasinya adalah energi : 1900 kalori, protein : 0,6 - 0,8 g (50 gram - 53,97 gram protein, lemak : 38.88 gram, karbohidrat : 328,41 gram. 2. Jenis ( Jenis makanan yang diberikan beranekaragam diantaranya karbohidrat kompleks seperti : beras merah, jagung, singkong, ubi, protein hewani seperti ikan, ayam tanpa kulit, telur, daging, kemudian lemak, disarankan sumber lemak seperti olive oil, minyak biji bunga matahari, mentega, batasi konsumsi makanan yang tinggi Indeks glikemik seperti beras putih, pisang, buah yang matang, buah yang tidak disarankan untuk dikonsumsi semangka, durian, nangka, buah yang terlalu matang, variasikan menu makanan, utamakan dikukus dan direbus. 3. Jam : pemberian makanan pada penderita diabetes harus tepat waktu karena bisa mengontrol kadar gula darah, misalnya sarapan jam 07.00 harus tetap jam 07.00, jam 10.00 pemberian snack (buah/puding tanpa gula), jam 13.00 makan siang, jam 15.00 snack sore, 20.00 makan malam
09:47 06/08/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
untuk gagal ginjal tanpa dialisis : protein dianjurkan seperti diatas (batasi konsumsi tinggi kalium dan fosfor agar terkontrol dengan baik) seperti pisang, apel, jeruk , kentang, seafood)
09:56 06/08/2023