[Gizi Olahraga & Kebugaran]
anonim
Protein BCAA itu apa ya? Fungsinya buat apa? Apa bedanya dgn jenis protein lain?
09:51 10/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo kak,,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate: _Branched-chain amino acids (BCAA) adalah jenis asam amino esensial yang terdiri dari leusin, isoleusin, dan valin. BCAA sangat diperlukan oleh tubuh dalam proses pembentukan protein otot dan menghasilkan energi. _Fungsi BCAA sendiri : 1. Meningkatkan massa otot Salah satu manfaat BCAA yang paling terkenal adalah mampu meningkatkan pertumbuhan otot. Leusin pada BCAA diketahui dapat mengaktifkan enzim yang berfungsi untuk merangsang pembentukan massa otot. Agar hasilnya lebih maksimal, perlu melakukan olahraga yang berfokus untuk melatih otot, misalnya angkat beban. 2. Mengurangi nyeri otot: Nyeri otot setelah olahraga adalah hal yang sering terjadi, apalagi jika sedang mencoba jenis olahraga baru atau baru berolahraga lagi setelah sekian lama. Biasanya, nyeri ini biasanya muncul dalam waktu 12–24 jam dan bisa berlangsung hingga 3 hari. 3. Mengurangi kelelahan selama olahraga Selain membantu mengurangi nyeri otot, BCAA juga dapat membantu mengurangi kelelahan fisik dan mental selama berolahraga, terutama bagi orang yang jarang melakukannya. Asam amino ini bekerja dengan cara mengurangi produksi serotonin, zat kimia di otak yang memberikan sinyal lelah, selama berolahraga. 4. Mencegah atrofi otot Manfaat BCAA selanjutnya adalah membantu mencegah atrofi otot atau pengecilan massa otot. Hal ini biasanya terjadi karena kekurangan gizi pada penyakit tertentu, seperti kanker atau infeksi kronis, dan juga akibat penuaan. Otot terdiri dari protein, yang terdiri dari berbagai macam asam amino. Pada manusia, 35% asam amino yang ada pada otot adalah BCAA. Jadi, konsumsi BCAA dapat berperan besar dalam mencegah atau setidaknya memperlambat pengecilan massa otot. 5. Mengurangi risiko terjadinya komplikasi akibat penyakit hati Manfaat BCAA dalam mengurangi risiko terjadinya komplikasi pada sirosis, yaitu penyakit hati dengan komplikasi yang sering kali berakibat fatal, telah dibuktikan oleh banyak penelitian. _APA ITU BCAA? Asam amino rantai cabang adalah tiga dari sembilan asam amino esensial yang tidak dapat diproduksi oleh tubuh sendiri: Isoleusin Leusin Valin Asam amino adalah bahan penyusun protein, dan protein adalah bahan penyusun otot. "Dalam pelatihan kebugaran, BCAA dapat memainkan peran unik dalam meningkatkan pemulihan otot setelah aktivitas fisik," kata Bansari Acharya, RDN , ahli gizi ahli gizi yang terdaftar di Detroit. Secara khusus, BCAA dapat membantu mengoptimalkan perbaikan dan pertumbuhan otot.* BCAA bukan protein. Mereka adalah beberapa komponen protein. Protein adalah makronutrien dengan banyak manfaat bagi tubuh, terutama dalam hal kebugaran dan olahraga. "Untuk mengelola berat badan atau kinerja atletik, protein membantu membangun dan memperbaiki jaringan otot ," Semoga Membantu😊
19:00 12/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ada yg mau dianyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
19:01 12/08/2023