[Anak Sekolah & Remaja]
Ida Hartia
Selamat pagi, ijin bertanya, anak saya kelas 1 sd, usia 6 tahun, bb 19kg, tb 109,, kegiatan harian sekolah jam 6-13.30, taekwondo 2x seminggu,, untuk kebutuhan kalori supaya tinggi dan berat badannya maksimal berapa ya kak? Ini alergi 1minggu turun bb nya dari 20 ke 19kg, alergi debu jd pilek dan masih konsumsi obat
07:06 19/08/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
selamat pagi kak ida, terimakasih sudah bertanya di dietducate. Berdasarkan berat badan menurut tinggi badan anak (IMT/U) saat ini memiliki status gizi yang baik. Menurut Permenkes RI 2019 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG) untuk anak usia 4-6 tahun adalah 1400 kkal. Berikut adalah beberapa tips untuk mengoptimalkan pertumbuhan anak: asupan gizi seimbang, pastikan anak mendapatkan asupan protein yang cukup, perbanyak konsumsi sayuran dan cukup buah-buahan, hindari makanan cepat saji dan tinggi gula, pantau pertumbuhan anak, aktivitas fisik dan tidur yang cukup. Artikel terkait gizi seimbang untuk anak sekolah: https://ahligizi.id/blog/2020/12/05/gizi-seimbang-anak-sekolah/amp/ semoga bermanfaat 🙏
10:27 19/08/2023
Ida Hartia
Untuk mengoptimalkan tinggi bisakah dengan makanan tinggi protein kak? Karena saya lihat tingginya masih ketinggalan dari temannya yg seumuran. Juni kemarin smpet konsul ke dokter gizi karena bb hanya 17 dan tinggi 106, itu stuck lama,,, dokter menyarankan susu tinggi kalori karena anaknya picky eater banget kak. 1 bulan pertama perbaiki asupan nutrisi + susu tsb. Alhamdulillah ada kemajuan pesat. Nah ini saya ingin stop susu tingkal nya kak, ada sarankah untuk contoh menu tinggi protein yg simple untuk sarapannya? Anak saya sudah harus berangkat di jam 6.10 kak, jd dia kadang agak kesulitan sarapan terlalu pagi. Terimakasih kk
19:57 19/08/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
jika berdasarkan grafik CDC 2000 tinggi badan ideal untuk usia 6 th adalah 115 cm dengan berat ideal 21 kg kak. Untuk protein harus dicukupi, dimana untuk angka kecukupan gizi(AKG) anak usia 6 th berdasarkan permenkes 2019 adalah 25 gram, karena protein merupakan zat gizi yang sangat diperlukan dalam masa pertumbuhan. Sumber protein lainnya selain susu bisa didapatkan dari menu olahan ikan, daging ayam, daging sapi, tempe, tahu, telur ayam, kacang2an, dll. Beberapa pilihan contoh menu yang mungkin bisa dicoba berikut ini kak : nugget tengiri/nila/gurameh/kakap/ikan lainnya, bistik telur tahu, dimsum udang/ayam, omelet dengan campuran potongan sayuran, sup kacang merah dg potongan daging ayam, bitterbalen ikan tuna/lele/ikan lainnya, tahu bakso ayam, dll. Menghadapi anak yang picky eater (pilih-pilih makanan) memang menjadi tantangan kak, ada beberapa strategi yang bisa dicoba: 1. Berikan Pilihan makanan yang sehat 2. Menciptakan Lingkungan Positif Jadikan waktu makan menyenangkan 3. Memperkenalkan Makanan Baru Secara Perlahan. Terkadang anak perlu beberapa kali mencoba sebelum mereka benar-benar menyukainya. 4. Tampilkan makanan dengan cara yang menarik. 5. Memberikan teladan yang Baik. Anak sering meniru apa yang mereka lihat dari orang dewasa. 6.Sabar dan konsisten memberikan pilihan makanan sehat. Berikut artikel terkait : https://ahligizi.id/blog/2021/07/09/pilih-pilih-makan-pressuring-feeding-pada-anak/ Tetap semangat ya kak, meskipun anak susah makan hari ini, usaha ibu untuk memberikan pilihan makanan sehat dan mendukung pertumbuhannya adalah investasi yang berharga untuk kebahagiaan anak menuju masa depan yang cerah😃
20:56 19/08/2023
Ida Hartia
Untuk 25 gram protein perhari itu kalo telur ayam omega brp butir kak? Dan ayam berapa gram?
10:34 20/08/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
untuk mencukupi 25 gram protein bisa didapatkan dari beberapa macam lauk contohnya adalah sebagai berikut: - 1 butir telur ayam (7 gram protein) - 1 potong sedang ikan (40 gram) atau 5 ekor udang ukuran sedang (35 gram) setara 7 gram protein - 1 potong ayam tanpa kulit (40 gram) atau 1 potong sedang daging sapi (35 gram) setara 7 gram protein - 2 potong sedang tempe (50 gram) atau 110 gram tahu atau 20 gram kacang hijau setara dengan 5 gram protein
11:41 20/08/2023
Ida Hartia
Untuk kejar grafik bb ke 21 kg dan tinggi ke 115 cm, brati kalori harian yg dibutuhkan 1500-1800 kalori ya. Betul ga kak? Untuk suplementasi kalsium itu pengaruh juga tidak untuk pertambahan tinggi badan? Karena PR nya agak berat utk kejar ke 115 cm hihihihi Klo untuk BB InsyaAllah bisalah kejarnya
12:56 20/08/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
perhitungan berdasarkan rumus schofield menggunakan berat badan ideal dengan aktivitas olahraga 2x seminggu kebutuhannya berkisar 1569 kkal kak. Suplementasi kalsium untuk pertumbuhan anak umumnya tidak diperlukan jika anak mengonsumsi makanan yang kaya kalsium dan memiliki pola makan yang seimbang. Sumber makanan yang kaya kalsium meliputi susu dan produk susu rendah lemak, yoghurt, ikan, sayuran hijau tua, kacang2an, telur, dll. Suplementasi kalsium bisa dikonsumsi jika anak memiliki kebutuhan khusus atau konsumsi kalsiumnya terbatas, namun sebaiknya berkonsultasi dengan dokter untuk terkait ini kak🙏 Untuk menunjang pertumbuhan anak jangan lupa juga untuk berolahraga secara rutin dan terukur (sesuai dengan usia dan kemampuan anak serta pengawasan yang tepat) dan jangan lupa juga untuk tidur yang cukup😃
15:33 20/08/2023
Ida Hartia
Untuk usia 6 th masih diperlukan tidur siang kira2 berapa jam kak?
17:30 21/08/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Usia 6-12 tahun: Anak usia sekolah ini memerlukan waktu tidur 10 jam. Anak usia 6 tahun biasanya masih membutuhkan waktu tidur siang untuk mendukung pertumbuhan, perkembangan, dan kesehatan mereka. Durasi tidur siang yang dianjurkan untuk anak usia 6 tahun berkisar antara 1 hingga 1,5 jam. Namun, setiap anak memiliki kebutuhan tidur yang berbeda, jadi penting untuk memperhatikan tanda-tanda kelelahan atau ketidaknyamanan saat menentukan durasi tidur siang yang paling sesuai. Perlu diperhatikan bahwa tidur siang yang terlalu lama mungkin dapat memengaruhi pola tidur malam anak. Jika anak sering tidur siang yang sangat panjang, ia mungkin akan kesulitan tidur di malam hari. Jika anak tidak tidur siang, yang perlu diperhatikan adalah jenis aktivitas dan jam istirahat anak. Mungkin tidur siang bisa diganti dengan istirahat seperti duduk-duduk. Jika aktivitasnya berlebihan di siang hari, mungkin jam tidur malamnya bisa lebih dini
17:58 21/08/2023
Ida Hartia
Oke baik,, terimakasih banyak kak atas penjelasannya🙏 Bolehkah minta contoh mealplan dalam 1 hari dgn menu simple tapi tinggi kalori 😁🙏
19:08 21/08/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
berikut contoh menu yg mungkin bisa dicoba kak: pagi : nasi, omelet, tumis buncis, wortel, kacang polong, susu 10.00: bubur kacang hijau siang: nasi, bitterballen daging ayam, tempe saus asam manis, sayur bening bayam jagung manis/sup sayuran, buah pepaya/sate buah pukul 16.00: kue talam ubi sore: nasi merah, suwir ikan tuna/ikan bumbu kuning, rolade tahu/stik tahu, buah pisang 20.00 : puding buah susu
23:36 22/08/2023
Ida Hartia
Siang kak dwi,,, terimakasih atas penjelasan dan contoh mealplan nya 😁 Tanya lagi boleh ya kak,, Untuk susu bisa langsung diminum setelah makan atau jeda dulu kak? Karena pernah dengar bisa menghambat penyerapan zat besi
10:36 09/09/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Susu mengandung kalsium yg cukup tinggi, dimana kalsium ini dapat menghambat penyerapan zat besi terutama jika diminum bersamaan dg makanan yg mengandung zat besi non heme seperti sayuran hijau, biji bijian, kacang2an, gandum. Sehingga disarankan diberikan jarak minimal 2 jam antara minum susu dan makanan yg kaya zat besi terutama besi non heme (yg ditemukan dlm makanan nabati)
16:54 11/09/2023
Ida Hartia
Jika makannya hanya dengan protein hewani msal telur/ayam/ikan apakah juga jarus jeda 2 jam kak?
21:42 11/09/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Tidak perlu memberikan jeda waktu antara mengonsumsi zat besi heme (ditemukan dalam produk hewani seperti daging, ikan, dan unggas) dengan susu. Zat besi heme dari produk hewani tidak dipengaruhi oleh susu dalam hal penyerapan seperti yang dapat terjadi dengan zat besi non-heme (ditemukan dalam makanan nabati).
22:14 11/09/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Dalam hal zat besi heme, tubuh cenderung menyerapnya dengan efisien tanpa mengalami gangguan dari susu atau produk susu lainnya. Jadi, kakak tidak perlu khawatir tentang jeda waktu antara mengonsumsi daging atau produk hewani dengan susu.😁
22:14 11/09/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
namun sebaiknya diberikan jarak saja kak antara konsumsi susu dengan makanan yang mengandung kaya zat besi. karena ada beberpa sumber referensi juga yg menyarankan tetap diberikan jarak agar lebih optimal penyerapannya🙏
22:24 11/09/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
sebagai tambahan untuk meningkatkan penyerapan zat besi juga jgn lupa untuk mengonsumsi buah-buahan terutama yg mengandung vitamin C karena dpt membantu penyerapan dr zat besi tersebut. Susu yg sudah difortifikasi dg vitamin C dan zat besi lebih bagus penyerapan zat besi dibandingkan dg susu yg tanpa fortifikasi. Untuk konsumsi susu pada anak sebaiknya diminum sbg camilan atau tdk saat makan utama karena dpt menyebabkan anak terlalu kenyang sehingga makannya bisa tdk habis🙏
10:04 21/09/2023