[Lainnya......]
Elvira Gustia Multi
Diet pasien gagal ginjal kronis dengan hemodialisa
10:47 26/08/2023
Anak Agung Istri Kencana Sari Devi, S.Tr.Gz ahligizi
Selamat siang, perkenalkan saya Gung Is
14:45 26/08/2023
Boleh diinfokan sebelumnya BB, TB, usia, jenis kelamin, dan aktivitas kesehariannya seperti apa?
14:46 26/08/2023
Elvira Gustia Multi
BB 50 kak ,tb 165 usia 25 tahun ,tidak ada aktifitas hanya drmh ,saya pasien gagal ginjal kronis
18:27 26/08/2023
Baik kak, untuk kalori per hari sesuai dengan data yang kakak berikan didapatkan sebesar 2047 kkal. Dikarenakan saat proses hemodialisis banyak asam amino hasil dari pemecahan protein yang hilang, maka penderita GGK dengan hemodialisis disarankan untuk diet tinggi protein yaitu sebesar 1,2 gr/kg BBI. Berat badan ideal kakak sebesar 58,5 kg jadi asupan protein per harinya saya sarankan diangka 70 gram yaa Protein yang baik untuk kakak saya anjurkan yang bernilai biologis tinggi yaitu protein hewani 50% karena lebih mudah dipecah didalam tubuh seperti ayam tanpa kulit, ikan, dan telur. Jangan lupa ditingkatkan asupan sayur dan buahnya juga yaa namun jika hasil lab kadar kaliumnya tinggi sementara tidak mengonsumsi makanan tinggi kalium seperti melon, semangka, bayam, kentang, dan pisang
18:34 26/08/2023
Elvira Gustia Multi
Jika klium nya tidak tinggi gimana kak ,
10:10 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Sayuran dan buah yg di rekomendasikan apa aja kak
10:10 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Serta banyak jumlah telur ikan dan daging nya berapa kak
10:11 27/08/2023
Jika kadar kaliumnya normal maka buah tersebut dan buah lainnya masih aman dikonsumsi yaa, hindari nangka, durian dan nanas jika mengalami ketidaknyamanan di lambung karena buah tersebut dapat menimbulkan gas
10:20 27/08/2023
Selain gagal ginjal kronis apakah kakak mempunyai penyakit penyerta lainnya?
10:21 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Ada kak , saya autoimun dengan lupus kak ,
11:12 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Batas max kalium yg di konsumsi perhari berapa kak
11:12 27/08/2023
Untuk nilai rujukan kalium darah direntang 3,5 - 4,9 mmol/L yaa kak. Nanti boleh periksa kadar kalium secara teratur untuk bisa memonitor kadarnya
11:19 27/08/2023
Protein hewani : ayam tanpa kulit, ikan, telur Protein nabati : tahu, tempe, kacang-kacangan Makan pagi Protein hewani 1 potong sedang atau sekitar 40 gr Makan siang Protein hewani 1 potong sedang atau sekitar 40 gr Protein nabati 1 potong sedang atau sekitar 50 gr Makan malam Protein hewani 1 potong sedang atau sekitar 40 gr Protein nabati 1 potong sedang atau sekitar 50 gr
11:22 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau untuk buah buahan nya apa kak
11:23 27/08/2023
Buah-buahan yang umum seperti apel, buah naga, pepaya, jeruk, anggur boleh kak. Jika kadar kalium normal maka semangka, melon, dan pisang tidak apa-apa.
12:54 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Baik kak ,
13:18 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Klu untuk produk susu gimana kak ,klu saya minum neprisol d dipkai gula bisa,,,?soal nya saya gak ada riwayat diabet , atau susu merk lain kak
13:19 27/08/2023
Saya sarankan nephrisol d saja ya karena per 100 g nya sudah mengandung gula 2 g jadi tidak diperlukan tambahan gula lagi ya kak
13:27 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Baik kk , klu utk minum neprisol d itu berapa takaran nya per hari kk
14:11 27/08/2023
Jika asupan melalui oral (mulut) tidak ada kendala maka nephrisol d dapat digunakan sebagai selingan 1x sehari dengan melarutkan 1 sachet ditambah 150 ml air panas. Sebaiknya segera diminum dan jangan dikonsumsi jika sudah lebih dari 2 jam.
14:21 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau misal kan kita pkai es gak boleh kak ?? Apa mengurangi vitamin nya
14:28 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Produk Yakult apa boleh diminum kak
14:28 27/08/2023
Lebih baik disajikan hangat saja yaa kak, untuk produk probiotik tidak apa-apa kak nanti pilih yang varian light (less sugar) yaa
14:29 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Iya kak , karena saya kurang suka susu makanya saya tnya Apa bisa nantik di olah contoh nya do jadikan puding susu nya kk
16:04 27/08/2023
Boleh nanti diselingi aja kak, misalkan snack pagi jam 10 nephrisol D, dan snack siang jam 15 jus buah/puding
16:13 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau makan ikan sarden kaleng boleh kam
15:55 29/08/2023
Saya sarankan makan ikan yang segar saja yaa kak, hindari makanan yang tinggi pengawet seperti makanan yang dikalengkan/diawetkan contohnya kornet, sarden kaleng, nugget, sosis, bakso.
15:58 29/08/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau ikan atau ayam nya sebaiknya di masak nya dengan cara apa kak
18:26 30/08/2023
Paling baik direbus/dikukus/ditim yaa kak, atau maksimal ditumis. Kurangi makanan yang dimasak dengan cara digoreng apalagi dengan minyak yang digunakan berulang
18:32 30/08/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau untuk buah yang aman apa kak
11:25 31/08/2023
Elvira Gustia Multi
Maaf kak , saya ada baca artikel katanya kalau yang gagal ginjal bleh minum sirup ??? Klu iya apa boleh minum sirup ABC atau sejenis nya
19:36 04/09/2023
Kakak baca artikelnya dimana?
14:04 05/09/2023
Untuk pasien gagal ginjal biasanya asupan cairan dibatasi dan jumlahnya ditentukan oleh dokter berdasarkan jumlah urin yang keluar jadi bisa dikonsulkan lebih lanjut ke dokternya ya
14:05 05/09/2023
Elvira Gustia Multi
Di google saya baca ,katanya boleh minum sirup
11:21 06/09/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau untuk yg desifiensi zatbesi samaasam folat apa yang bagus di konsumsi kak
18:41 20/09/2023