[Lainnya......]
Elvira Gustia Multi
Diet gagal ginjal
10:54 26/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak Elvira,,, Terimakasih sdh bertanya di Dietducate: _Untuk Penjelasan lengkapnya silahkan klik blog dibawah ya https://ahligizi.id/blog/2022/12/29/plado-diet-rekomendasi-untuk-gagal-ginjal-kronis/ Semoga membantu😊
20:07 26/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ad yg mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
20:07 26/08/2023
Elvira Gustia Multi
Jumlah yang di konsumsi perhari berapa banyak kk
10:13 27/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Diet yang dianjurkan adalah energi sebesar 35 kkal/kg berat badan ideal. Protein 0,6 – 0,75 gram/kg berat badan ideal. Lemak 25 – 30% dari total kalori. Karbohidrat sisa dari perhitungan protein dan lemak.1
10:16 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Maaf kak satu lagi saya mau tanya ,saya kan tidak ada riwayat diabetes , jika saya minum neprisol d apa boleh di tambah gula atau madu
11:10 27/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Boleh > disesuaikan sama kebutuhan ya kak🙏
13:18 27/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Apa masih ada yang mau ditanyakan kak?
13:19 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Klu susu merk lain boleh kak ??seperti susu uht Cimory atau merk lain nya
13:21 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau untuk makanan bersantan bagaimana kak ?? Sama minum air kelapa boleh nya berapa kak
13:23 27/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Kalau untuk Susu Uht dan sejenisnya tdk disarankan ya kak
13:24 27/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Makanan Bersantan Dan minuman tinggi kalium sprti air kelapa tidak disarankan kak🙏
13:33 27/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Berikut ini daftar makanan untuk penyakit ginjal yang aman dikonsumsi. 1. Ikan Salmon dan Tuna Salmon dan tuna termasuk makanan yang menyehatkan ginjal karena mengandung asam lemak omega-3 yang tinggi. Tubuh tidak dapat membuat asam lemak omega-3 sendiri, sehingga harus didapatkan dari makanan. Lemak omega-3 dapat mengurangi kadar lemak jahat di dalam darah. Omega-3 juga dianggap berkontribusi dalam penurunan tekanan darah.  2.Bluberi Bluberi mengandung antioksidan bernama antosianin yang dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, kanker, penurunan kognitif, dan diabetes. Bluberi juga termasuk buah yang aman untuk ginjal karena rendah sodium, fosfor, dan kalium. 3. Apel Apel pun termasuk makanan sehat untuk ginjal. Hal ini dikemukakanŵ oleh sebuah studi dalam Journal of American Society Nephrology. Studi yang melibatkan lebih dari 10.000 orang berusia produktif tersebut menemukan, terdapat kaitan antara konsumsi apel dengan penurunan risiko batu ginjal setelah diamati lebih dari 10 tahun. 4.Anggur Merah Mirip dengan bluberi, anggur merah mengandung banyak nutrisi seperti vitamin C dan antioksidan flavonoid yang dapat mengurangi peradangan. Satu hal yang juga penting, anggur termasuk makanan yang baik untuk ginjal. 5. Putih Telur Putih telur merupakan makanan untuk penyakit ginjal yang mengandung protein berkualitas tinggi. Berbeda dengan kuning telur yang tinggi fosfor, putih telur ramah terhadap ginjal karena rendah fosfor. 6. Minyak Zaitun Sebagai sumber lemak dan bebas fosfor, minyak zaitun menjadi bahan makanan yang menyehatkan ginjal. Biasanya, penderita penyakit ginjal umumnya sulit menjaga berat badan. Karena itu, asupan makanan sehat yang tinggi kalori seperti minyak zaitun menjadi penting. Minyak zaitun memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal yang sangat baik untuk tubuh. Selain itu, kandungan natrium, kalium, dan fosfor di dalam minyak zaitun juga rendah sehingga aman untuk penderita ginjal. 7. Kol Kol kaya akan vitamin dan mineral. Makanan untuk penderita sakit ginjal ini juga merupakan sumber vitamin K, vitamin C, vitamin B, dan asam folat. Selain itu, kol menyediakan serat tidak larut yang dapat menjaga sistem pencernaan tetap sehat. 8.Dada Ayam Tanpa Kulit Bagi kamu yang mengalami masalah ginjal, sudah seharusnya membatasi asupan protein. Nah, agar kebutuhan protein tetap tercukupi dan ginjal aman, dada ayam tanpa kulit dapat menjadi pilihan karena lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium. Pilihlah ayam yang segar dan perhatikan pengolahannya. Pengolahan dengan cara dibakar membuat ayam cenderung mengandung banyak natrium dan fosfor. 9.Bawang Putih dan Bawang Bombay Tak perlu khawatir jika ingin mengonsumsi makanan dengan bawang sebagai penyedap. Bawang putih dan bawang bombay termasuk bahan makanan sehat untuk ginjal karena bebas natrium dan fosfor. 10.Paprika Paprika termasuk sayuran tinggi antioksidan serta rendah kalium, fosfor, dan natrium, sehingga baik untuk menjaga kesehatan ginjal. 11. Nanas Ingin makan yang segar-segar tapi aman untuk ginjal? Yuk, makan nanas! Buah yang aman bagi ginjal ini mengandung sedikit kalium. Selain aman untuk ginjal, nanas mengandung serat, mangan, vitamin C, dan bromelain yang baik untuk kesehatan.
13:46 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Baik kak
14:10 27/08/2023
Elvira Gustia Multi
Kalau untuk sayur , apa yg di bolehkan kak
18:30 30/08/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
🙏
18:48 30/08/2023
Elvira Gustia Multi
Maaf kak , saya ada baca artikel katanya kalau yang gagal ginjal bleh minum sirup ??? Klu iya apa boleh minum sirup ABC atau sejenis nya
19:35 04/09/2023