[Diet Maag (Gastritis)]
Ferina Salie
Malam Dokter, saya perempuan 21 tahun, tinggi badan 150cm dan berat badan saat ini 62,4kg. Saya punya riwayat sakit stroke pada tahun 2012 , asam lambung yg parah, asam urat, dan vertigo. Saya ingin diet untuk menurunkan berat badan , karena saya merasa tidak enak buat beraktivitas dan merasa lelah cepet cape juga pusing dan sesak. Saya juga ada kista akibat kelebihan berat badan. Dokter, saya mohon berikan saya solusi apa yg harus saya makan, dan takaran meal plan nya, dan jam makan nya, terimakasih banyak Dokter, saya berharap segera mendapat respon . Saya juga sulit tidur, pola tidur ga normal baru bisa pules jam 1 subuh, dan aktivitas hanya kuliah online dan belum bekerja. Terimakasih
20:15 27/08/2023
Yelly Tambunan ahligizi
yang di hindari : kulit ayam, lemak daging, makanan olahan seperti baso,sosis, corned beef,kuning telur berlebih. yg disarankan : ayam tanpa kulit, ikan, daging tanpa lemak, kuning telur max 3 kali seminggu, putih telur bebas. cara masak yg disarankan : sup, pepes, panggang, tumis minya sedikit. bumbu dapur alami tidak ada masalah. garam secukupnya. tidak menggunakan bumbu penambah rasa/bumbu kemasan.
09:53 28/08/2023
Yelly Tambunan ahligizi
yang di hindari utk sayur dan buah : kol, kembang kol, kangkung, brokoli, daun singkong, nangka mudah, sayuran mentah sperti lettuce atau selada. buat nenas, nangka, durian. yg disarankan : wortel, terong, toge, bunci dan kacang panjang muda, bayam, jagung muda atau baby corn, oyong, ocra gambas. buah yg aman : pepaya, melon, semangka, apel, pir, buah naga.
09:56 28/08/2023
Yelly Tambunan ahligizi
porsi makan pagi : 07-08 = siang jam 12-13 = malam 18-19. nasi max 5 sdm lauk hewani 1 potong tahu 1 potong atau tempe 2 potong kecil (pilih salah satu, cukup 1- 2 kali sehari saja) sayur dan buah secukupnya snack pagi sekitar jam 10 dan sore jam 15 arem2 sayur atau bolu kukus atau buah (yg pntng snack tidak digoreng, tidak ketan) prinsipnya setiap makan 2-3 jam harus makan, sedikit2 namun sering
09:59 28/08/2023
Ferina Salie
Terimakasih dokter, untuk malam klo masih lapar jam 9 makan apa ya dokter? Dan pola tidur saya tidak beres dokter, cara mengatasi susah tidur gmna ya dokter?
13:31 28/08/2023
Yelly Tambunan ahligizi
setelah makan malam masih ada snack sbnrnya. yg penting 2 jam sebelum tidur sudah tidak makan apa2 lg ya. krn nnti berpengaruh ke lambung. snack boleh berupa buah atau sesekali kacang panggang, atau agar2 atau jelly yg dibuat sendiri.
13:32 28/08/2023
Yelly Tambunan ahligizi
coba faktor stresnya lbh dikontrol. lebih banyak berdoa atau menenangkan pikiran, atau membaca hal hal yg positif, atau menonton hal yg positif atau konsumsi teh hangat dimalam hari.
13:34 28/08/2023
Ferina Salie
Untuk cheat meal nya gmn dokter apa boleh ?
15:49 28/08/2023
Yelly Tambunan ahligizi
ingin cheating meal yg bagaimana jenisnya?
16:01 28/08/2023
Ferina Salie
Makan kyk ayam geprek, yg junk food dokter, apa msh boleh? Sesekali?
17:33 28/08/2023
Yelly Tambunan ahligizi
lebih baik dibatasi dulu hingga asam lambung tidak kambuh lagi, dan berat badan mulai terkontrol
08:07 29/08/2023