[Lainnya......]
anonim
Maaf sblm nya saya mau tanya , hasil lab Mch dan mchc rendah , apakah makanan yang aman untuk saya konsumsi
16:32 20/09/2023
anonim
Hemaktorid juga dibawah batas normal serta Hb 8.5 kak ,makanan apa yg sebaik nya saya konsumsi
16:33 20/09/2023
Aspri Nurtania, A.Md.Gz ahligizi
Terima kasih telah menghubungi dietducate..
Pengaturan Asupan Makan
Konsumsi makanan beragamragam, minimal 3 porsi sumber besi heme/hari seperti daging merah, hati, udang, ikan, telur, ayam, dll. Zat besi heme lebih mudah diserap oleh tubuh. Kebutuhan zat besi sekitar 6 mg/ 1000 kkal makanan yang dikonsumsi.
Besi non heme seperti kacang-kacangan, tempe, jamur, bayam, daun bawang, pepaya, dll dapat meningkat penyerapannya dengan adanya sumber vitamin C (jeruk, tomat, brokoli, kentang, cabai, dll)
Batasi zat penghambat besi seperti konsumsi serat terlalu banyak (gandum utuh), asam fitat (bekatul), tanin (teh, kopi, cokelat) karena dapat menghambat penyerapan zat besi non heme.
Suplemen zat besi baik dikonsumsi saat perut kosong, namun jika terdapat gangguan pencernaan dapat dikonsumsi 2 jam setelah makan. Diminum dengan air putih bukan dengan susu/teh/kopi. Perubahan warna feses (hijau/hitam) setelah konsumsi suplemen zat besi lazim terjadi.
20:35 20/09/2023
anonim
Bagi saya penderita gagal ginjal kronis on hd apakah aman makanan tersebut kk
07:58 21/09/2023
anonim
Halo kak
08:53 23/09/2023