[Mitos atau Fakta ? (HOAX or Not)]
anonim
Apakah ulat sagu bagus untuk dimakan? Bagaimana kandungan nutrisi di dalamnya? Apakah ada bahaya memakan nya?
23:27 12/10/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Terimakasih sudah bertanya d dietducate🙏 Ulat sagu adalah sumber protein yang umum dikonsumsi di beberapa bagian dunia. Ulat sagu mengandung protein, serat, dan beberapa zat gizi lainnya. Kandungan protein ulat sagu berkisar 9,34%. Selain kandungan protein yang cukup tinggi, ulat sagu juga mengandung beberapa asam amino esensial, seperti asam aspartat (1,84%), asam glutamat (2,72%), tirosin (1,87%), lisin (1,97%), dan methionin (1,07%), masyarakat Kamoro, Papua, dan Maluku memanfaatkan ulat sagu sebagai sumber makanan dan dapat membantu mengurangi hama pada tanaman kelapa (Ariani et al., 2018), Sedangkan menurut Data Komposisi Pangan Indonesia yang dipublikasikan oleh Kementerian Kesehatan RI, dalam 100 gram ulat sagu mentah, kandungan zat gizinya antara lain: Air: 65,9 gram. Energi: 241 Kal. Protein: 5,8 gram. Lemak: 21,6 gram. Karbohidrat: 5,8 gram. Serat: 2,8 gram, dan lain sebagainya. Namun, perlu diingat bahwa nilai gizi ini dapat bervariasi dan perbedaan tersebut tergantung pada banyak faktor, termasuk spesies ulat, habitatnya, dan bagaimana ulat tersebut dimasak. Jangan lupa pastikan ulat sagu sudah bersih sebelum memasak maupun mengonsumsi.
02:12 13/10/2023
anonim
Berarti tidak ada bahaya buat dimakan ya bu?
18:27 14/10/2023
anonim
Yang artinya layak untuk dikonsumsi?
18:28 14/10/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Ulat sagu bisa menjadi sumber protein yang baik dan bergizi. Namun, keamanan konsumsi ulat sagu tergantung pada beberapa faktor, seperti spesies ulat, cara memasaknya, dan sumbernya. Jika ulat sagu dimasak dengan benar dan bersih, maka bisa menjadi sumber protein yang relatif aman. Namun, ada risiko potensial terkait dengan konsumsi ulat sagu atau jenis makanan serupa, seperti risiko kontaminasi mikroba atau alergi. Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa ulat sagu dimasak dengan baik, matang sempurna, dan bersih sebelum dikonsumsi ya kak 😃🙏
11:13 15/10/2023