[Masalah Berat Badan]
anonim
Saya ingin konseling masalah saya kak, bagaimana ya cara untuk menaikkan berat badan dengan sehat, berat badan saya susah naik kak
22:57 12/11/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo kak,, Terimakasih sudah bertanya di Dietducate:
06:21 13/11/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Berikut tips cara meningkatkan berat badan : 1. Makanlah sesering mungkin namun dalam porsi kecil Salah satu cara menambah berat badan yang efektif yaitu dengan makan lebih sering. Semula makan tiga kali sehari, sekarang lima kali. Jangan melewatkan makanan yang tersisa. Para ahli gizi mengatakan bahwa lebih baik mengkonsumsi 6 kali makanan dalam porsi kecil dalam sehari dibandingkan dengan 3 kali makan dalam porsi besar. Dengan cara tersebut dapat membantu Kk dalam mengatasi kembung pada setiap kali makan. Makan lebih sering akan membantu kadar gula darah tetap normal, karbohidrat terserap sempurna, serta menjaga metabolisme tubuh yang membuat berat badan tetap terjaga. 2. Meningkatkan asupan kalori Jika ingin berat badan bertambah yang dilakukan salah satunya meningkatkan asupan kalori. Perempuan yang berumur 17-25 tahun setidaknya membutuhkan 2250 kalori setiap hari. Namun pastikan Kk mencukupi kalori dengan mengkonsumsi jenis makanan yang tepat. Meningkatkan kalori dapat dilakukan dengan menambah sekitar 300 kalori/hari dan meningkat hingga 500/hari secara bertahap. Tambahan 300 kalori dapat diperoleh dengan menambah 1 porsi sumber karbohidrat, 1 porsi protein, dan 1 porsi sayur/buah. Penambahan 500 kalori dapat meningkatkan berat badan 0,5 – 1 kg/minggu. Banyak cara yang bisa Kk coba selipkan dalam pola makan sehari-hari. Semuanya terserah Kk, dengan mempertimbangkan gizi dan asupan kalori yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan Kk. Misalnya saja: Makan lebih banyak lapis roti dari yang biasa Kk konsumsi di saat sarapan. Mengolesnya dengan selai kacang tentu akan lebih nikmat dan lebih bergizi tinggi. Tambahkan ekstra keju di telur dadar Kk. Lebih banyak kalori dengan meminum susu, jus buah murni, hingga jus sayuran. Siapkan tas kecil berisi camilan sehat untuk dibawa kerja atau ketika beraktivitas di luar rumah. Tingkatkan konsumsi sayuran yang mengandung zat tepung (pati) seperti kentang dan jagung. Jangan meningkatkan kalori secara berlebihan, seperti mengkonsumsi junk food atau makanan yang digoreng. Konsumsilah makanan yang kaya akan zat gizi. 3. Perbanyak minum air putih Kebanyakan dari kita tidak begitu mementingkan untuk mengkonsumsi air putih. Dan bahkan banyak orang yang lebih memilih untuk mengkonsumsi minuman yang bersoda. Mengkonsumsi minuman bersoda dapat merusak tubuh karena minuman bersoda mengandung kandungan zat kimia yang berbahaya bagi tubuh. Biasakanlah untuk mengkonsumsi air putih terlebih pada saat pagi hari atau bangun tidur. Mengkonsumsi air putih dapat menjaga kesehatan tubuh serta proses pencernaan tubuh akan semakin membaik sehingga dapat menyerap gizi makanan secara sempurna. Cukup minum air putih 8 gelas sehari. 4. Latih Kekuatan Otot Latihan kekuatan sangat ideal untuk Kk. Melakukan beberapa latihan bench presses, jongkok, sit-up, chin up dan sebagainya. Jika Kk belum mencoba latihan kekuatan otot sebelumnya, cobalah melakukannya dengan seseorang yang sudah akrab dengan latihan- latihan tersebut atau seorang pelatih pribadi. Semoga Membantu🙂
06:25 13/11/2023
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika masih ada yg mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
06:26 13/11/2023