[Bayi & Balita]
Shofa Salsabila
Izin bertanya.. Anak saya laki-laki usia 18 bulan BB 9,8 kg PB 79 cm.. selama 3 bulan BB blm naik, apakah ada saran untuk makanannya bagaimana ya?
17:52 13/12/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
sebelumnya apakah ad riwayat sakit kak? dan apa saja hambatan yang dialami dlm pemberian makanannya?
10:11 22/12/2023
Shofa Salsabila
Terimakasih atas responnya kak.. saya langsung konsultasi ke dsa, ternyata ada ISK.. untuk kadar hb normal, namun untuk kadar lekositnya tinggi.. lalu disarankan untuk lepas diapers total.. bagaimana ya supaya kadar lekositnya menurun?
10:16 23/12/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Untuk bayi yang mengalami ISK dapat menyebabkan berat badan anak tidak naik atau terjadi penurunan yang disebabkan karena adanya infeksi sehingga terjadi peningkatan kebutuhan energi. Selain itu, ISK dapat menyebabkan dehidrasi yang juga dapat mempengaruhi berat badan. Kekurangan cairan dapat menyebabkan penurunan berat badan sementara. Beberapa hal yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut: 1. Penting untuk menyelesaikan pengobatan dimana biasanya dokter meresepkan antibiotik, bahkan jika gejalanya sudah mereda (pastikan antibiotik selalu diberikan tepat waktu) 2. Pastikan anak mendapatkan cukup cairan. Jika bayi masih diberikan menyusui, teruskan memberikan ASI secara eksklusif atau tambahkan jumlah sesuai kebutuhan. 3. Jika bayi sudah memulai makanan padat, pastikan ia menerima makanan dengan cukup frekuensi. Frekuensi makan yang adekuat membantu memastikan asupan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan dan pemulihan. 4. Dengan melepas diapers, dapat memberikan area genital kesempatan untuk mendapatkan ventilasi agar tidak lembap dan tetap kering sehingga dapat membantu mengurangi risiko infeksi. Selain itu, dengan melepas diapers akan mempermudah untuk memantau frekuensi urin dan karakteristik buang air kecil bayi. 5. Ikuti jadwal tindak lanjut yang direkomendasikan oleh dokter. Ini mungkin melibatkan pemeriksaan ulang untuk memastikan bahwa ISK telah sembuh sepenuhnya. 6. Jika tingkat leukosit tetap tinggi setelah pengobatan ISK, dokter mungkin memerlukan tes urine lanjutan untuk memastikan bahwa infeksi telah diatasi atau untuk mengevaluasi apakah ada masalah lain.
05:48 25/12/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Tips Pemberian makan : untuk anak yang mengalami infeksi, sebaiknya diberikan makanan dalam bentuk yang mudah dikunyah, mudah telan, mudah cerna, tidak mengandung bumbu yang tajam, dan tidak digoreng (makanan dalam bentuk lunak atau cincang).  Hal ini dapat membantu mengurangi risiko iritasi atau ketidaknyamanan selama proses makan.
05:52 25/12/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Berdasarkan perhitungan status gizi anak saat ini adalah: Berat badan menurut Umur : gizi baik Panjang badan menurut umur : normal Berat badan menurut panjang badan : normal berat badan yang ideal untuk tinggi badannya saat ini adalah 10,3 kg Kebutuhan cairan berkisar: 1000 ml/hari Kebutuhan energi berkisar 900-1000 kkal. Untuk saat ini apakah masih menyusui? kalau iya, berapa kali frekuensinya dlm sehari?
05:54 25/12/2023
Shofa Salsabila
Untuk saat ini frekuensi menyusui antara 3-5 kali sehari kak
10:53 28/12/2023
Shofa Salsabila
Untuk panjang badannya kemaren ketika diukur di dsa 78 cm kak..
10:56 28/12/2023
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
mhon maaf kak baru membalas pesannya 🙏 untuk perkiraan jumlah kalori dari menyusui berkisar 300-350 kkal, jadi dr makanan bisa dipenuhi sekitar 70 persen kak atau berkisar 700 kkal . untuk tinggi badan 78 masih di rentang normal utk usianya = -1,59(nilai normal di tentang z score -2SD sampai + 3SD)
09:03 08/01/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
berikut sya lampirkan untuk referensi panduan resep makanan anak dan panduan untuk tabel anthropometri untuk melihat status gizi anak : https://drive.google.com/drive/folders/1ebu5MZzkzTDBfRaY7j_JP6jrWOopF-ee?usp=sharing
09:04 08/01/2024