[Kehamilan]
anonim
Hai kak.. ijin bertanya Kebutuhan gizi untuk ibu hamil TM 1 berapa ya? Selain dari makanan, vitamin tambahan apa aja dan berapa dosisnya yg perlu dikonsumsi
08:05 04/02/2024
Hallo Kak,,,
Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
Keb. Zat Gizi yang penting dan harus dipenuhi ibu hamil selama trimester 1 adalah sebagai berikut.
1. Folat sangat diperlukan pada trimester pertama kehamilan. Bahkan, seorang wanita yang berencana hamil sangat disarankan untuk memenuhi kebutuhan asam folat sejak sebelum kehamilan. Karena Kekurangan asupan folat pada trimester pertama kehamilan berisiko mengakibatkan bayi mengalami cacat lahir. Sebagai Zat Gizi ibu hamil di trimester 1, dibutuhkan sekitar 600 mg asam folat setiap hari. Kk bisa mendapatkan folat dari sayuran hijau (seperti bayam, kale, asparagus, dan brokoli), buah sitrus (seperti jeruk), dan kacang-kacangan.
2. protein adalah sebagai zat pembangun tubuh yang dibutuhkan untuk membentuk sel-sel baru dan memperbaiki sel-sel tubuh. Inilah alasannya protein sangat diperlukan pada trimester pertama kehamilan, yaitu masa ketika banyak terjadi perkembangan sel, jaringan, dan organ pada janin. Protein bisa Kk dapatkan dengan mudah, dari telur, tahu, tempe, ikan, ayam, daging, kacang-kacangan, susu, dan produk susu. Dalam sehari, ibu hamil perlu mengonsumsi makanan sumber protein setidaknya sekitar 2—3 porsi.
3. Vitamin A dibutuhkan untuk perkembangan penglihatan bayi, juga untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi. Vitamin A juga dibutuhkan untuk perkembangan sel-sel bayi dalam kandungan. Ibu hamil bisa mendapatkan vitamin secara alami dari sayuran dan buah-buahan, seperti wortel, sayuran hijau, dan ubi. Jika hamil di usia 14—18 tahun, jumlah yang vitamin A yang dibutuhkan yaitu sekitar 750 mg per hari. Sementara jika kehamilan terjadi saat berusia 19—50 tahun, perlu mendapat asupan sekitar 770 mg vitamin A dalam sehari.
4. Vitamin C diketahui bermanfaat untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan gusi, gigi, dan tulang janin. vitamin C dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan seperti buah jeruk, stroberi, tomat, dan brokoli. Kadar vitamin C yang dibutuhkan selama masa kehamilan yaotu sekitar 80—85 mg per hari.
5. Zat besi > Selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan lebih banyak zat besi karena produksi darah meningkat. Sebagai Zat Gizi ibu hamil di trimester 1, jumlah yang dibutuhkan yaitu sekitar 27 mg per hari. Zat besi ini digunakan untuk membuat hemoglobin (yang berfungsi untuk mengedarkan oksigen ke seluruh tubuh dan janin). Kekurangan cadangan atau asupan zat besi selama kehamilan dapat membuat ibu hamil berisiko mengalami anemia. Anemia zat besi yang berat selama kehamilan dapat meningkatkan risiko kelahiran prematur, bayi berat lahir rendah (BBLR), dan depresi postpartum. Kk bisa mencukupi kebutuhan zat besi dari daging merah tanpa lemak, ayam, ikan, sayuran hijau (seperti bayam dan brokoli), dan kacang-kacangan.
Semoga Membantu😇
08:46 04/02/2024
Jika Masih Ada yg Mau ditanyakan Silahkan chat dikolom chat ya Kak😇
08:47 04/02/2024