[Kehamilan]
anonim
apakah dengan gula darah dan kolesterol tinggi dapat mempengaruhi kehamilan?
18:53 04/03/2024
Fivi Fibriyani, S.Gz. ahligizi
kelebihan gula darah pada ibu hamil sangat memungkinkan terjadinya komplikasi baik pada ibu dan bayi, bahkan bisa menyebabkan kematian. Lebih lanjut, bayi yang berada di dalam kandungan akan menjadi terlalu besar sehingga menyulitkan ibu saat melakukan proses persalinan.kelebihan gula darah pada ibu hamil juga akan menyebabkan bayi mengalami kelainan kongenital atau bentuk tubuh atau organ yang tidak normal. Kemudian, karena lahir dari ibu yang memiliki gula darah tinggi, maka bayi juga memiliki risiko diabetes dan obesitas yang lebih tinggi. Dampak kolesterol tinggi pada ibu hamil tidak main-main. Kolesterol yang tinggi (di atas normal) bisa menyebabkan hipertensi yang terinduksi pada kehamilan. Nah, bila kondisi ini dibiarkan tanpa penanganan, masalah ini bisa menyebabkan gangguan pada janin dan ibu.  Dampak kolesterol tinggi pada ibu hamil tidak hanya itu saja. Ibu hamil yang mengidap kolesterol tinggi juga bisa memunculkan masalah pada anak di masa mendatang. Pasalnya, anak yang lahir dari ibu yang memiliki riwayat kolesterol tinggi sebelum hamil, berisiko mengidap gangguan hipertensi ketika dewasa. Dampak kolesterol tinggi pada ibu hamil juga menyebabkan menyempitnya pembuluh darah arteri sehingga menghambat aliran darah atau aterosklerosis. Nah, aterosklerosis ini yang ujung-ujungnya bakal memicu berbagai penyakit. Contohnya penyakit jantung koroner, stroke, hingga memicu penyakit arteri perifer. Kolesterol adalah lemak yang berguna dalam tubuh namun kadarnya harus diperhatikan. Kolesterol menjadi berbahaya ketika kadar dalam darah meningkat sehingga jumlahnya berlebihan dalam tubuh. Kondisi ini menyebabkan penumpukan dalam pembuluh darah dan mengganggu aliran darah.kolesterol cukup tinggi dalam tubuh akan mengalami waktu yang lebih panjang untuk memiliki keturunan dibandingkan pasangan dengan kadar kolesterol normal dalam tubuhnya. Hal ini berkaitan langsung dengan penurunan kesuburan seseorang.
10:16 05/03/2024