[Bayi & Balita]
anonim
Hallo, saya punya adik umur 3 tahun 5 bulan.. apakah benar susu yg dianjurkan adalah susu UHT? susu UHT plain itu yg mana ya? Bolehkah disebut mereknya? Setau saya kalo UHT hanya ada full cream & low fat. Apakah benar susu UHT lebih tinggi protein dibandingkan sufor khusus utk anak balita? Mohon penjelasannya
07:01 06/03/2024
Hallo Kak,,, Terimakasih Sudah Bertanya di Dietducate:
15:34 08/03/2024
Kebutuhan susu setiap anak berbeda beda, bisa disesuaikan dengan pola dan jadwal makan hariannya karena susu masuk di jam snack, yang utama tetap makan utamanya.
Perbedaan susu UHT dan susu formula:
- Susu UHT boleh diberikan pada bayi diatas 1 tahun, kalau susu formula bisa diberikan dibawah 1 tahun.
- Kandungannya berbeda, susu formula diolah dengan campuran beragam bahan lain dan nilai gizinya lebih banyak dari susu uht
- Susu UHT bentuknya cair, sedangkan susu formula kebanyakan bubuk
terkait pemberiannya, tetap tidak boleh berlebihan, 1-2x sehari masih dianggap wajar yang penting tidak mengganggu jadwal makan utama. Susu hanya tambahan, yang utama tetap makan.
Berikut adalah penjelasan mengenai masing-masing:
1. Susu UHT:
- Susu UHT (Ultra High Temperature) adalah susu yang telah dipanaskan pada suhu tinggi untuk membunuh mikroorganisme dan memperpanjang umur simpan.
- Susu UHT umumnya aman untuk dikonsumsi oleh anak di atas 1 tahun, karena proses pasteurisasi yang dilakukan telah membunuh bakteri dan mikroorganisme berbahaya.
- Dosis pemberian susu UHT dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak, namun umumnya 2x sehari adalah dosis yang umum.
- Kandungan Gizi dalam susu UHT bervariasi tergantung pada merek dan jenis susu yang digunakan. Namun, secara umum, susu UHT mengandung protein, lemak, karbohidrat, vitamin, dan mineral.
2. Susu Formula:
- Susu formula adalah susu buatan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan Gizi bayi yang tidak bisa atau tidak mengonsumsi ASI. Namun dlm Hal Ini untuk Bayi 0-2 tahun ttp disarankan konsumsi ASI sj Jika Ibu tdk mglmi masalah trkait medis.
Untuk merk UHT Plain:
1. Indomilk Susu UHT Full Cream Plain 115 ml.
2. Susu Ultra Mimi Kids Full Cream 125 ml.
3. Frisian Flag Junio Plain 110 ml.
4. Arla Full Cream Milk Organic 200 ml.
5. Greenfields Susu UHT Full Cream 125 ml.
15:47 08/03/2024
Jika masih ad yg mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
15:48 08/03/2024