[Lainnya......]
anonim
diet tentang ckd yg tidak hd dan post hd
10:00 06/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di dietducate 😃 Saya novita ahli gizi ingin mencoba menjawab pertanyaannya kak🙏 Diet untuk penyakit ginjal kronis (CKD) yang tidak memerlukan hemodialisis (HD) dan pasca hemodialisis (post-HD) memiliki beberapa perbedaan tergantung pada tahapan CKD dan kebutuhan individu pasien. Diet untuk CKD tanpa HD: 1.Energi cukup, 35 kkal/kgBB 2. Pengendalian Asupan Protein: Protein rendah, yaitu 0,6-0,75 gram per kg BB. Karena kebutuhan gizi pasien penyakit ginjal kronik sangat bergantung pada keadaan dan berat badan secara personal, maka jumlah protein yang diberikan dapat lebih tinggi atau rendah dibandingkan standar 3.Karbohidrat cukup 4. Lemak cukup 20-30% dari kebutuhan energi total, diutamakan pilih lemak sehat seperti lemak tak jenuh ganda 5. Pengendalian Asupan Garam: Menjaga asupan rendah natrium membantu mengontrol tekanan darah dan meminimalkan retensi cairan. 6.Membatasi asupan Kalium (1500-2000 mg) apabila ada hiperkalemia (kalium darah >5,5 mEq), oliguria, atau anuria. Pada pasien dengan penyakit ginjal kronis (CKD) stadium lanjut, penurunan fungsi ginjal secara progresif berkontribusi terhadap perkembangan hiperkalemia. 7. Cairan dibatasi, yaitu sejumlah jumlah urin sehari ditambah pengeluaran cairan melalui keringat dan pernapasan (kurang lebih 500 ml). Kelebihan cairan akan menyebabkan bengkak, sesak napas, dan penumpukan cairan di paru.
01:18 28/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Diet pasca Hemodialisis (post-HD): 1. Energi cukup, 35 kkal/kgBB ideal/hari untuk usia <60 th dan 30 kkal/kgBBI/hari untuk usia diatas 60 2. Protein 1-1,2 g/kg BBI/hari untuk mempertahankan keseimbangan nitrogen dan mengganti asam amino yang hilang selama dialisis. dibagi menjadi 50% protein hewani, 50% nabati 3. Karbohidrat cukup 55-75% dari kebutuhan energi total 4. Lemak normal, yaitu 15-30% dari kebutuhan energi total 5. Natrium diberikan sesuai dengan jumlah urin yang keluar per 24 jam yaitu 1 gram + penyesuaian menurut jumlah urin sehari yaitu 1 g untuk tiap 1/2 liter urin 6. Kalium,pada pasien CKD dengan dialisis berisiko mengalami hiperkalemia (tingginya kadar kalium dalam darah). Kebutuhan kalium yang dianjurkan adalah 2000-3000 mg/hari. Untuk itu diharapkan pasien CKD dengan dialisis menghindari makanan yang mengandung tinggi kalium. Kalium sesuai dengan urin yang keluar per 24 jam yaitu 2 gram + penyesuaian menurut jumlah urin sehari, yaitu 1 gram untuk tiap 1 liter urin. 7. Kalsium tinggi, 1000 mg/hr 8. Fosfor dibatasi yaitu <17 mg/kgBBI/hari 9. Cairan dibatasi yaitu sebanyak jumlah urin sehari ditambah ± 500 ml Penting untuk dicatat bahwa rekomendasi diet harus disesuaikan dengan kebutuhan individual dan tahap CKD Anda. Konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Jika masih ada yang ingin ditanyakan bisa ditulis di kolom komentar di bawah ya kak 😃🙏
01:20 28/03/2024