[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
Usia 30th, perempuan, bb 46 kg, tb 159 cm, ada riwayat orang tua diabetes. hba1c 5,7% masuk prediabetes padahal sudah jarang makan yang bertepung dan makan juga tidak banyak serta olahraga jalan kaki 1minggu 2x (jalan 4km). Apakah menu makanan atau diet yang harus saya lakukan? Mengingat berat badan saya tidak tergolong obesitas. Makasih
09:01 22/03/2024
anonim
Saya juga tidak suka minum manis
09:03 22/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Terimakasih sudah bertanya di dietducate. Saya novita ingin mencoba menjawab pertanyaannya kak 😃🙏 Dalam situasi seperti ini, penting untuk memperhatikan pola makan dan gaya hidup secara menyeluruh untuk mengelola kadar gula darah. Berikut adalah beberapa saran yang mungkin dapat membantu dalam pengaturan diet Anda:
01:23 28/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
1. Memperhatikan Porsi Makan: Meskipun Anda tidak tergolong obesitas, mengatur porsi makan tetap penting. Pastikan untuk mengontrol jumlah makanan yang Anda konsumsi agar tidak terlalu banyak. 2. Pilih jenis Karbohidrat yang Baik: Pilih karbohidrat kompleks  sebagai sumber energi dan batasi konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula, tepung putih, dan makanan olahan yang dapat meningkatkan gula darah dengan cepat. 3. Konsumsi Serat: Tingkatkan asupan serat dengan makanan seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Serat dapat membantu mengontrol penyerapan gula dalam darah dan membantu menjaga perut kenyang lebih lama. 4. Sumber Protein Seimbang:  Protein membantu menjaga kenyang dan mengatur gula darah. 5. Olahraga Teratur: Lanjutkan rutinitas olahraga Anda, jalan kaki 2 kali seminggu merupakan langkah yang baik. Pastikan untuk menjaga konsistensi dan mungkin mempertimbangkan variasi latihan untuk meningkatkan kebugaran secara keseluruhan. 6. Hindari Makanan Manis: Karena Anda tidak suka makanan manis, ini merupakan keuntungan dalam mengelola diabetes. Hindari makanan dan minuman yang mengandung gula tambahan, seperti minuman bersoda, permen, kue-kue, dan makanan ringan manis lainnya. 7. Cukup minum: Pastikan untuk minum cukup air setiap hari. Air membantu menjaga tubuh terhidrasi dan membantu sistem pencernaan. 8. Perhatikan Pemrosesan Makanan: Hindari makanan olahan dan makanan cepat saji . Pilih makanan segar dan alami.
01:24 28/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Mengingat riwayat keluarga diabetes, penting untuk memperhatikan kesehatan Anda secara keseluruhan dan melakukan langkah-langkah pencegahan yang tepat. Selain itu, teruslah memantau kadar gula darah Anda secara teratur. semoga bermanfaat ya kak, jika masih ada yang ingin ditanyakan bisa ditulis di kolom komentar ya 😃🙏
01:25 28/03/2024
anonim
Baik terima kasih 😊 Tapi apakah saya perlu untuk menurunkan berat badan atau tetap makan seperti biasa? Dan apakah saya tetap boleh makan nasi putih atau diganti opsi lain seperti beras porang? Saya sudah tidak pernah minum manis tapi masih makan yg bertepung tapi sudah sangat saya batasi
21:40 29/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Berdasarkan hasil pengkajian status gizi dari berat badan dan tinggi badan di atas, nilai indeks massa tubuh (IMT) diperoleh nilai 18,25 (underweight) dimana nilai normal IMT adalah 18,5-22,9 sehingga tidak perlu untuk menurunkan berat badan. Namun penting untuk diingat bahwa risiko diabetes tidak hanya terkait dengan berat badan tetapi juga komposisi tubuh, pola makan yang tidak sehat, dan aktivitas fisik yang kurang.
23:48 31/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Makan nasi tidak harus dihindari sepenuhnya, tetapi penting untuk memperhatikan jumlahnya. Nasi putih memiliki indeks glikemik yang lebih tinggi, yang berarti dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat setelah dikonsumsi. Jika Anda ingin mengontrol kadar gula darah, Anda bisa mempertimbangkan untuk mengganti nasi putih dengan beras yang memiliki indeks glikemik yang lebih rendah, seperti beras merah, beras hitam, atau beras porang. Beras porang merupakan alternatif yang menarik karena memiliki indeks glikemik yang rendah serta kandungan serat yang tinggi, yang dapat membantu mengontrol kadar gula darah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Namun, tetap penting untuk memperhatikan jumlah karbohidrat secara keseluruhan dalam makanan, termasuk sumber karbohidrat lain seperti sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian.
23:49 31/03/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
Sudah baik bahwa Anda membatasi konsumsi makanan yang mengandung gula tambahan dan minuman manis. Selanjutnya, pastikan bahwa asupan karbohidrat Anda seimbang dan terutama berasal dari sumber karbohidrat kompleks, seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian utuh. Pastikan juga untuk memilih sumber protein yang sehat dan lemak tak jenuh tunggal atau tak jenuh ganda. Selain itu, teruslah dengan rutinitas olahraga Anda, seperti jalan kaki, untuk membantu mengatur kadar gula darah dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.🤓
23:54 31/03/2024