[Bayi & Balita]
anonim
Mohon bantuannya Bu, anak saya usia 1 th 1 bln saat ini BB nya 7,2 th dengan TB 70 sedang mengejar BB sudah ke dokter anak dan diresepkan suplemen zat besi, san b plex dan racikan cobazim, anak saya picky eater tidak mau minum sufor, bagaimana ya acaranya agar anak bisa minum susu? Terima kasih
04:44 25/03/2024
Fivi Fibriyani, S.Gz. ahligizi
MasukDaftar
Daftar
Hebatnya Bebelac
Produk
Daftar Bebeclub
Upload Struk
Tools
Promo & Event
Artikel
Beranda
Ibu Perlu Tahu
2 Tahun
7 Cara agar Anak Tetap Mau Minum Susu Setelah Usia 2 Tahun
2 TAHUN IBU PERLU TAHU
Ditulis oleh : Tim Penulis
4 min
16 Aug 2023
Bagikan artikel ini
Tentunya Ibu sudah mengetahui bahwa minum susu memberikan banyak manfaat bagi anak. Susu tidak hanya meningkatkan kekuatan tulang anak, tapi juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan si Kecil secara menyeluruh. Tapi, bagaimana jika anak tidak mau minum susu, ya? Padahal, usia 2 tahun adalah masa yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak yang sebentar lagi akan transisi ke usia prasekolah.
Nah, apa pentingnya anak terus minum susu setelah usia 2 tahun? Lalu, bagaimana cara agar si Kecil tetap mau minum susu pertumbuhan? Untuk mengetahui penjelasan lengkapnya, baca artikel ini sampai habis, ya, Bu.
Pentingnya Minum Susu untuk Anak 2 Tahun
Usia 2 tahun merupakan periode yang amat penting bagi si Kecil, karena segala proses pertumbuhan dan perkembangan yang dialaminya sedang berlangsung sangat pesat. Periode 3 tahun pertama kehidupan anak disebut dengan golden age atau masa keemasan yang tidak boleh diabaikan. Periode ini dianggap sebagai masa keemasan karena merupakan fase yang kritis dalam pembentukan otak dan perkembangan kognitif.
Ia bisa menyerap informasi dan belajar banyak keterampilan baru, seperti kemampuan bahasa, kognitif, motorik, dan sosial emosional, dengan cepat karena otaknya sedang berkembang optimal.
Itu kenapa asupan nutrisi dari asupan yang tepat pada rentang usia ini akan sangat menentukan perkembangan anak selanjutnya. Terlebih karena menurut WHO, setelah berusia 2 tahun anak sudah mulai harus disapih dari ASI untuk beralih ke makanan padat. Nutrisi yang diberikan pada masa ini, terutama lemak, omega-3, omega-6, DHA, ALA, dan AA, memiliki dampak signifikan terhadap pertumbuhan sel-sel otak dan koneksi saraf yang berperan dalam pembelajaran dan perkembangan kognitif anak.
Oleh karena itu, semakin penting peran Ibu melanjutkan pemenuhan gizi si Kecil dari makanan sehat serta asupan tambahan seperti susu.
Baca Juga: Ciri-Ciri Alergi Susu Sapi pada Anak dan Cara Mengatasinya
Cara agar Anak 2 Tahun Mau Minum Susu Pertumbuhan
Tidak main-main, kan, peran susu untuk mendukung awal semua kehebatan si Kecil? Apalagi menjelang masa prasekolahnya, karena otak anak masih akan terus bertumbuh bahkan setelah usianya lewat dari 3 tahun nanti.
Namun, tidak semua anak langsung mau dan suka minum susu sehingga ini dapat menjadi tantangan baru bagi Ibu. Supaya si Kecil terus terbiasa minum susu, berikut cara yang bisa Ibu lakukan:
1. Berikan Susu yang Rasanya Mirip ASI
Membuat anak mau rajin minum susu memang tidak mudah, ya, Bu? Terutama di fase awal penyapihan ini karena si Kecil sudah terbiasa dengan rasa dan tekstur khas ASI. Jadi jika susu yang ia minum rasanya tidak mirip dengan ASI, si Kecil mungkin tidak mau lagi menghabiskannya sehingga asupan nutrisinya tidak maksimal.
Jika si Kecil menolak minum susu, Ibu bisa coba berikan susu pertumbuhan Bebelac 3 Gogreat+ yang rasanya mendekati ASI. Varian rasa vanila dan madunya pasti disukai anak-anak! Karena, cita rasanya gurih, tidak terlalu manis, dan teksturnya lebih encer dari pada susu sapi biasa.
2. Ajak Anak Membuat Susu
Melibatkan si Kecil membuat susu merupakan cara yang bagus untuk menggugah seleranya tanpa harus memaksa. Jadi di akhir pekan nanti, yuk, ajak si Kecil jalan-jalan ke supermarket membeli persediaan susu, serta gelas baru khusus untuknya.
Biarkan ia memilih sendiri gelas atau wadah yang ia inginkan, ya, Bu. Anak tentu merasa senang dengan pilihannya sehingga akan lebih semangat untuk minum susu dengan wadah tersebut.
Selain itu, minta juga si Kecil untuk membantu Ibu membuat susunya. Misalnya, minta tolong si Kecil bantu tuangkan susu ke dalam gelasnya atau bersama-sama mengaduknya sampai larut tercampur rata dengan air.
Sajikan Susu dengan Wadah yang Unik
Setiap anak memiliki rasa penasaran terhadap hal-hal baru, dan Ibu dapat memanfaatkan hal ini sebagai cara untuk menarik minatnya dalam minum susu.
Coba berikan wadah minum yang unik dan menarik, seperti mug bergambar superhero favoritnya atau gelas dengan sedotan warna-warni yang bentuknya lucu. Ini bisa menjadi cara lebih menyenangkan bagi anak dan membangkitkan semangatnya untuk minum susu.
Ajak Minum Susu Bersama
Mengajak si Kecil minum susu bersama-sama bisa menjadi cara yang efektif untuk memotivasinya dan memulai kebiasaan positif tersebut. Dengan minum susu bersama, anak akan merasa didukung dan terinspirasi untuk mencoba minum susu.
Buat Susu Hanya Setengah Cangkir
Jika si Kecil awalnya menunjukkan ketidaksukaannya terhadap minum susu, penting untuk tidak memaksakannya atau memberikan secangkir penuh susu sekaligus.
Ibu bisa mencoba memberikan susu sedikit demi sedikit atau dalam jumlah kecil, tetapi secara rutin dan teratur.
Dengan memberikan susu dalam jumlah kecil dan secara bertahap, Ibu memberikan kesempatan bagi si Kecil untuk terbiasa dengan rasanya secara perlahan. Proses ini dapat membantu anak mengenali rasa dan tekstur susu pertumbuhan.
Sajikan Susu dengan Cara Berbeda
Jika si Kecil kurang suka minum susu hangat, Ibu bisa kreasikan susu menjadi sajian yang menarik, misalnya Smoothie Pisang Cokelat atau Milkshake Strawberry. Mengolah susu dengan buah-buahan kesukaan si Kecil bisa jadi daya tarik tersendiri, lho, supaya si Kecil tidak cepat bosan dengan rasa susu yang itu-itu saja.
Supaya lebih seru, ajak si Kecil untuk membuat minumannya bersama-sama ya, Bu!
22:06 28/03/2024