[Diet Diabetes Mellitus]
nasta bungaF
Bagaimana penangan diet dengan status gizi kurus
14:03 17/04/2024
Hallo Kak Nasta,,, Trmksih Sdh Bertanya Di Dietducate:
1. Pengelolaan Diabetes dengan Baik
Mengontrol gula darah secara konsisten adalah langkah pertama dalam mengatasi kurus karena diabetes. Diabetes, terutama tipe 1 dan tipe 2 yang tidak terkontrol dapat menyebabkan gula darah naik. Kondisi ini dapat memengaruhi proses metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan.
2. Asupan Kalori yang Cukup
Penderita diabetes mungkin cenderung mengurangi asupan kalori karena khawatir dapat memengaruhi gula darah. Namun, penting untuk memastikan bahwa asupan kalori cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh dan mencegah penurunan berat badan yang berlebihan.
3. Olahraga Teratur > Cara mengatasi kurus karena diabetes selanjutnya adalah olahraga. Berolahraga secara teratur membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur gula darah. Pilihlah aktivitas fisik sesuai dengan kondisi kesehatan dan batasi risiko cedera. Olahraga juga dapat membantu membangun massa otot dan mempertahankan berat badan yang sehat.
4. Pengelolaan Stres > Saat tubuh mengalami stres, hormon seperti kortisol dilepaskan, yang dapat memengaruhi respons tubuh terhadap makanan dan metabolisme. Pada penderita diabetes, stres juga dapat memengaruhi pengendalian gula darah.
Teknik relaksasi seperti meditasi, yoga, pernapasan dalam, atau olahraga ringan seperti berjalan-jalan dapat membantu meredakan stres. Selain itu, berbicara dengan ahli kesehatan mental atau konselor juga bisa memberikan panduan untuk mengelola stres dengan efektif.
5. Menghindari Kebiasaan Merokok > Merokok memiliki efek negatif terhadap banyak aspek kesehatan, termasuk metabolisme. Selain itu, merokok juga meningkatkan risiko komplikasi kesehatan yang lebih serius bagi penderita diabetes, seperti masalah jantung, pembuluh darah, dan saraf.
6. Konsumsi Sumber Lemak Baik (Tak Jenuh) > Lemak tak jenuh memiliki manfaat kesehatan yang lebih baik dibandingkan dengan lemak jenuh atau trans, dan dapat membantu meningkatkan asupan kalori serta Gizi yang diperlukan. Berikut beberapa contoh lemak tak jenuh baik untuk penderita diabetes.
Minyak Zaitun
Alpukat
Kacang-kacangan
Ikan berlemak, seperti salmon, sarden, makarel, dan trout
Biji-bijian utuh
Margarin tanpa trans lemak
Tofu dan tempe
7. Makan Lebih Sering dalam Porsi Kecil > Cara mengatasi kurus karena diabetes selanjutnya adalah makan lebih sering dalam porsi kecil. Sebab, membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah lonjakan gula darah yang berlebihan, dan membantu meningkatkan asupan kalori yang dibutuhkan.
Semoga Membantu🙂
14:15 17/04/2024
Jika Masih Ada yg mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
14:15 17/04/2024