[Diet Maag (Gastritis)]
Elisa Caca
Assalamualaikum dok mau tau cara diet untuk yang punya maag yang gabisa naha lapar
21:04 21/04/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
waalaikumsalam. terimakasih sudah bertanya d dietducate. sya Dwi Novitasari ahli gizi ingin mencoba menjawab🙏.
Berikut ada beberapa tips diet yg bisa dicoba:
1. Pilih makanan dg porsi kecil dan sering: Makan beberapa kali dalam sehari dengan porsi kecil dapat membantu mengurangi rasa lapar tanpa membebani lambung.
2. Hindari atau batasi makanan yang memicu asam lambung: Kurangi atau hindari makanan pedas, berlemak, asam, dan berkarbonasi yang dapat memperburuk gejala maag.
3.Pilih makanan berserat tinggi: Serat membantu menahan rasa lapar lebih lama. Pilihlah buah-buahan, sayuran, dan sereal berserat tinggi (untuk tomat, kubis dan kol, serta brokoli dibatasi atau dihindari saat ada gejala maag)
4. Minum air cukup: Minum air putih secara teratur dapat membantu mengurangi rasa lapar dan juga menjaga kesehatan lambung.
5.Hindari atau batasi makanan atau minuman yang mengandung kafein
04:59 22/04/2024
DWI NOVITASARI, S.Gz ahligizi
6. Makan perlahan: Mengunyah makanan secara perlahan dapat membantu mengurangi rasa lapar dan mencegah terjadinya gangguan pencernaan.
7.Perhatikan waktu makan: Hindari makan terlalu larut malam atau terlalu dekat dengan waktu tidur.
8. Kurangi stres: Stres dapat memicu peningkatan produksi asam lambung dan memperparah gejala maag.
9. Pilih camilan sehat: Saat merasa lapar di antara waktu makan utama, pilih camilan sehat seperti buah-buahan segar atau yogurt (yang rendah lemak tanpa tambahan gula dan buah-buahan yang asam) untuk menghindari makanan yang dapat memicu gejala maag.
10. Jaga pola tidur yang teratur: Kurang tidur dapat memengaruhi metabolisme dan meningkatkan produksi asam lambung.
semoga membantu ya. jika masih ada yang ingin ditanyakan bisa ditulis di kolom komentar ya🤓🙏
04:59 22/04/2024