[Diet Kolesterol]
Mutya Sari
Makanan yang tidak boleh apa aja ?
12:06 21/07/2024
Hallo Kak Mutya,,, Terimakasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
06:38 22/07/2024
Makanan Yg tidak disarankan untuk penderita kolesterol sbb:
1. Gorengan > Gorengan mengandung kalori dan lemak trans/lemak jenuh tinggi yang dapat meningkatkan kadar kolesterol dalam darah. Di mana kondisi ini juga bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, obesitas, dan diabetes.
Hal ini juga berlaku pada sayuran yang digoreng, seperti kol goreng. Itulah mengapa pengidap kolesterol tinggi disarankan untuk membatasi konsumsi gorengan. Sebagai alternatif, Anda dapat mengolah makanan dengan cara mengukus, merebus, atau memanggangnya agar lebih aman bagi kesehatan.
2. Makanan Cepat Saji
Pantangan kolesterol tinggi selanjutnya adalah makanan cepat saji atau fast food. Apabila Anda memiliki riwayat kolesterol tinggi, maka Anda disarankan untuk mengurangi konsumsi makanan cepat saji.
Di samping mengandung kolesterol tinggi, makanan cepat saji juga memiliki kandungan lemak jenuh atau lemak trans, dan gula yang tinggi yang dapat memicu kolesterol serta masalah kesehatan lain seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan kenaikan berat badan.
Lemak trans dalam makanan cepat saji berpotensi meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh dan membuat kadar kolesterol baik menurun. Hal ini pun dapat menyebabkan seseorang berpotensi terkena diabetes tipe 2.
3. Jeroan > Jeroan adalah makanan yang kaya akan kandungan zat besi, sehingga bisa memberikan manfaat bagi tubuh. Di sisi lain, pengidap kolesterol tinggi harus berhati-hati dalam mengonsumsi makanan yang satu ini.
Jeroan atau daging organ dalam yang biasanya terdiri dari hati, paru, hingga jantung ini mengandung kadar kolesterol dan purin yang tinggi. Oleh karena itu penderita kolesterol dan asam urat disarankan untuk membatasi konsumsi jenis makanan ini.
4. Daging Olahan > Makanan pantangan kolesterol tinggi berikutnya adalah daging merah atau daging olahan. Beberapa jenis makanan instan seperti burger dan sosis menggunakan bahan utama daging merah yang memiliki kandungan lemak jenuh yang tinggi.
Selain menjadi pantangan kolesterol tinggi, daging olahan juga sering dikaitkan dengan makanan pemicu kanker dan penyakit jantung yang sebaiknya dihindari atau dibatasi konsumsinya.
5. Kulit Ayam
6. Kuning Telur
7. Udang
8. Makanan Manis
9. Sarden
Semoga Membantu🙏
06:48 22/07/2024
Jika Masih Ada yg mau ditanyakan silahkan Chat dikolom Chat Ya kak😊
06:49 22/07/2024