[ASI & Menyusui]
Destri Yani
Bagaimana perencanaan menu bagi anak usia 5 bulan yg saat ini masih diberikan Asi dan juga minum susu formula
08:27 28/09/2024
Hallo Kak,,,
Terimkasih Sudah Bertanya Di Dietducate:
12:38 04/12/2024
Sebaikanya Untuk prncnaan menu dimulai dri 6 bulan pertama ya kak🙏
12:38 04/12/2024
Perencanaan menu MPASI untuk bayi 6 bulan dapat mempertimbangkan beberapa hal, seperti:
Bahan makanan
Kk bisa memperkenalkan sayuran seperti brokoli, bayam, wortel, kembang kol, kacang polong, dan buah-buahan seperti alpukat, pisang, apel, atau pir. Untuk sumber protein, Anda bisa memberikan daging ayam, daging sapi, hati sapi, ikan, telur, atau tahu.
Tekstur
Semua bahan makanan harus dimasak sampai matang dan dihaluskan hingga berbentuk puree.
Jadwal makan
Kk bisa mengatur jadwal MPASI agar tidak terlalu berdekatan dengan waktu minum ASI. Contoh jadwal makan bayi 6 bulan adalah:
Pukul 06.00: ASI
Pukul 08.00: Makan pagi dengan makanan yang berbentuk lumat
Pukul 10.00: ASI atau makanan selingan, seperti buah yang bertekstur lembut
Pukul 12.00: Makan siang dengan makanan yang lembut
Pukul 14.00: ASI
Pukul 16.00: Makanan selingan
Pukul 18.00: Makan malam dengan makanan yang berbentuk lumat
Catatan:
Tidak perlu Menambahkan garam dan gula, apalagi madu. Pemberian madu tidak disarankan untuk bayi usia di bawah 1 tahun karena berisiko menyebabkan botulisme.
Botulisme adalah penyakit serius yang disebabkan oleh toksin botulinum. Toksin menyebabkan kelumpuhan yang dimulai dari wajah dan menyebar ke anggota badan lainnya. Apabila mencapai otot-otot pernapasan, kegagalan pernapasan dapat terjadi. Toksin diproduksi oleh Clostridium botulinum (C. botulinum), yakni sejenis bakteri. Toksin ini tersebar di tanah dan ada di air yang tidak diolah. Selain itu, juga dapat bertahan hidup di lingkungan ini sebagai spora yang resisten. Semua jenis Botulisme pada akhirnya menyebabkan kelumpuhan, sehingga setiap kasus Botulisme diperlakukan sebagai keadaan darurat medis.
Semoga Membantu😊
12:44 04/12/2024
Jika Msih Ada yg Mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
12:45 04/12/2024