[Masalah Berat Badan]
03_ana siti
kak saya mau diet bb saya 75 tb nya 157 saya mau diet pemula kak bingung dimulai dari mana boleh saya minta tolong bantu caranya kak
11:21 07/10/2024
Rachmi Ilma Zahtira, S.Gz, MSc ahligizi
Halo Kak Ana, terimakasih sudah melakukan konsultasi di Dietducate. Berikut beberapa tips menurunkan berat badan yang dapat saya rekomendasikan untuk Kak Ana: 1) Mengurangi asupan makanan / minuman yang mengandung gula tambahan seperti minuman manis, cake, dessert box, dan jajanan manis lainnya. Kalori dalam makanan manis ini biasanya cukup tinggi untuk porsi yang kecil. Sebagai alternatif, Kak Ana bisa mengonsumsi buah -buahan atau umbi-umbian untuk sumber makanan manis. 2) Mengurangi asupan lemak tambahan, terutama dari gorengan. Gorengan yang biasa kita konsumsi setidaknya menyerap minimal 5-10 g minyak, sekitar 45-90 kalori paling sedikit untuk setiap potongnya. Kak Ana dapat mengonsumsi makanan dengan metode pengolahan lain seperti direbus, dipanggang, air fry, tumis, atau kukus. 3) Memperhatikan asupan gizi seimbang sesuai takaran porsi yang dianjurkan pada pedoman “Isi Piringku” . Pastikan Kak Ana mengonsumsi sumber karbohidrat, protein hewani, protein nabati, sayur, dan buah-buahan dalam porsi yang tidak berlebihan setiap harinya. 4) Melakukan olahraga rutin, olahraga bukan hanya bertujuan untuk “membakar lemak” namun juga dapat memperbaiki metabolisme tubuh yang dapat membantu penurunan berat badan secara sehat. Olahraga yang dianjurkan dapat dimulai dari kegiatan yang ringa seperti berjalan kaki setiap hari, atau memgikuti kegiatan aktifitas fisik yang disukai seperti bermain badminton, lompat karet, pilates, atau zumba. Semoga jawaban tersebut dapat membantu ya , Kak. Jika Kak Ana membutuhkan konsultasi diet lebih lanjut silahkan mengikuti layanan program diet dari AhliGiziID :)
14:41 03/11/2024