[Kehamilan]
anonim
Apakah ibu hamil boleh mengonsumsi sushi?
11:00 13/12/2024
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Hallo Kak,,, Terimakasih Sdh Bertanya di Dietducate:
18:27 19/12/2024
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Fakta Keamanan Konsumsi Sushi Saat Hamil Meski memang berisiko, Bumil yang gemar makan sushi tidak perlu terlalu khawatir ya, karena tidak semua sushi dilarang untuk dimakan selama masa kehamilan. Bumil masih bisa makan sushi asalkan ikan di dalam sushi-nya sudah dimasak hingga benar-benar matang ya, paling tidak sudah dimasak pada suhu 63°C. Ini karena memasak ikan sampai matang bisa membunuh parasit dan patogen penyebab penyakit yang mungkin ada di dalamnya. Kemudian, pastikan juga sushi yang Bumil konsumsi dimasak dan diolah dengan peralatan yang berbeda dari sushi yang mentah. Ini berguna untuk mencegah kontaminasi parasit atau bakteri dari sushi mentah ke sushi yang Bumil makan. Selain itu, Bumil juga perlu memperhatikan jenis ikan yang ada pada sushinya. Pilihlah sushi yang terbuat dari ikan rendah merkuri, misalnya ikan air tawar, ikan salmon, ikan trout, atau sushi yang mengandung isian lain, seperti kerang, kepiting, udang, dan telur ikan. Sebaliknya, hindari dari ikan tinggi merkuri, seperti ikan tuna, kakap, kerapu, marlin, tenggiri, atau makarel. Pasalnya, paparan merkuri yang tinggi, apalagi selama masa kehamilan, berisiko menyebabkan kerusakan otak, pendengaran, dan masalah penglihatan pada bayi.
18:31 19/12/2024
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Referensi: Eicher, C., et al. (2020). Growth Potential of Listeria Monocytogenes in Three Different Salmon Products. Foods, 9(8), pp. 1–13. American Pregnancy Association. Is Sushi Safe for Pregnant Women? Lewsey, J. Baby Centre (2021). Is It Safe to Eat Sushi in Pregnancy. Levine, H. Baby Center (2021). Can Pregnant Women Eat Sushi? The Bump (2020). Is Sushi Safe to Eat During Pregnancy? Cinelli, E. Verywell Family (2021). Can I Eat Sushi While Pregnant? Lindberg, S. Healthline (2020). Can You Eat Sushi While Pregnant? Choosing Safe Sushi Rolls. WebMD (2020). Sushi: Is It Good for You?
18:31 19/12/2024
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Semoga Membantu 😇
18:32 19/12/2024
NURVITA S. GUSTI ahligizi
Jika Masih Ada yang Mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
18:33 19/12/2024