[Diet Diabetes Mellitus]
anonim
gimana cara nya diet untuk anak dm
19:22 16/03/2025
Muhammad Iqbal Basagili, S.Gz., M.P.H. (Nutr & Diet) ahligizi
Halo kak,
terima kasih sudah berkonsultasi di Dietducate.
Diet untuk anak dengan DM harus dirancang untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil sambil memastikan pertumbuhan yang optimal.
Penting dalam hal ini untuk memilih karbohidrat kompleks seperti nasi merah, oatmeal, ubi, dan roti gandum, serta menghindari karbohidrat sederhana seperti gula dan makanan manis. Protein sehat dari ayam tanpa kulit, ikan, telur, tahu, dan kacang-kacangan perlu dikonsumsi agar anak merasa kenyang lebih lama. Lemak sehat dari alpukat, kacang-kacangan, dan minyak zaitun juga penting, sementara lemak jenuh dan trans harus dibatasi.
Pola makan yang teratur dengan porsi kecil namun sering dapat membantu menghindari fluktuasi gula darah, dan makanan dengan indeks glikemik rendah seperti apel, pir, serta sayuran hijau sebaiknya menjadi pilihan utama.
Anak juga sebaiknya menghindari makanan olahan yang tinggi gula dan memperbanyak konsumsi serat untuk memperlambat penyerapan gula.
Selain itu, aktivitas fisik seperti bermain, bersepeda, atau berenang dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menjaga kadar gula tetap terkendali.
semoga menjawab. terima kasih :-)
22:22 24/03/2025