[ASI & Menyusui]
anonim
Bagaimana diet pengaturan makan untuk ibu yang memiliki diabetes tetapi menyusui ?
08:59 16/06/2025
Hallo Kak,,, Terimksih Sudah Bertanya Di Dietducate:
08:24 19/06/2025
Untuk ibu menyusui yang menderita diabetes, pengaturan makan yang tepat sangat penting untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil dan memastikan kebutuhan Gizi ibu dan Bayi terpenuhi. Diet yang seimbang dan kaya serat, serta pemantauan kadar gula darah secara teratur, adalah kunci keberhasilan.
08:25 19/06/2025
Berikut adalah beberapa prinsip pengaturan makan yang disarankan:
1. Perhatikan Karbohidrat:
Pilih karbohidrat kompleks dengan indeks glikemik rendah, seperti nasi merah, roti gandum utuh, oatmeal, dan quinoa, daripada karbohidrat sederhana seperti nasi putih dan roti putih.
Batasi asupan buah-buahan yang tinggi gula, dan konsumsi dalam jumlah sedang.
Perhatikan ukuran porsi karbohidrat pada setiap kali makan.
2. Perbanyak Serat:
Konsumsi sayuran hijau, buah-buahan, dan biji-bijian dalam jumlah yang cukup.
Serat membantu mengontrol kadar gula darah dan membuat merasa kenyang lebih lama.
3. Protein Cukup:
Pilih sumber protein tanpa lemak seperti ikan, ayam tanpa kulit, telur, tahu, tempe, dan kacang-kacangan.
Protein membantu menjaga massa otot dan memberikan energi yang stabil.
4. Lemak Sehat:
Konsumsi lemak sehat dari alpukat, kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak zaitun.
Hindari lemak jenuh dan lemak trans yang banyak terdapat pada makanan olahan dan gorengan.
5. Jaga Asupan Cairan:
Minum banyak air putih sepanjang hari.
Hindari minuman manis dan beralkohol.
Boleh mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi atau teh dalam batas wajar.
6. Jadwal Makan Teratur:
Makanlah secara teratur tiga kali sehari dengan camilan sehat di antara waktu makan.
Jangan lewatkan waktu makan untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil.
7. Pantau Kadar Gula Darah:
Lakukan pemantauan kadar gula darah secara teratur, sesuai anjuran Ahli Gizi
Perhatikan respons tubuh terhadap makanan yang dikonsumsi.
8. Hindari Makanan dan Minuman yang Manis:
Hindari gula pasir, gula merah, sirup, makanan manis, minuman bersoda, dan makanan olahan lainnya.
Pilih camilan sehat seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau yogurt.
08:27 19/06/2025
Jika Masih Ada yang Mau ditanyakan silahkan chat dikolom chat ya kak🙏
08:27 19/06/2025