[Masalah Berat Badan]
NUNAM
Berat badan saya mudah bertambah dalam beberapa bulan terakhir padahal jarang makan, solusinya bagaimana?
12:56 14/07/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Halo Kak Nunam, terima kasih sudah bertanya.
Kenaikan berat badan meski jarang makan bisa terjadi karena beberapa hal, seperti:
🔹 Metabolisme tubuh yang melambat – biasanya karena kurang gerak atau stres.
🔹 Kebiasaan makan besar tapi jarang – tubuh cenderung menyimpan lebih banyak lemak saat asupan jarang masuk.
🔹 Jenis makanan tinggi kalori tersembunyi – misalnya makanan olahan, minuman manis, atau camilan tinggi lemak.
🔹 Kurang tidur atau stres – bisa memicu hormon yang memperlambat pembakaran lemak.
📌 Solusinya:
Atur pola makan jadi 3 kali sehari + 1–2 camilan sehat.
Perhatikan jenis makanan – utamakan makanan utuh (nasi, sayur, lauk rebus/panggang).
Perbanyak aktivitas fisik – cukup 30 menit/hari seperti jalan kaki.
Cukup tidur dan kelola stres – penting untuk menyeimbangkan hormon.
Jika perlu, Kak Nunam bisa konsultasi langsung untuk dicek pola makan dan komposisi tubuhnya. Semangat jaga kesehatan, Kak! 💪😊
14:06 15/07/2025