[Masalah Berat Badan]
Dita Chairunnisa
Min izin tanya untuk menurunkan berat badan caranya gimana
10:10 15/07/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Hai Kak Dita, terima kasih sudah bertanya! 😊
Menurunkan berat badan itu bukan soal makan sedikit, tapi soal pola makan & gaya hidup yang seimbang. Ini beberapa langkah dasarnya:
🍽️ 1. Atur Porsi & Jadwal Makan
Makan 3x sehari + 1–2 camilan sehat
Jangan melewatkan sarapan
Porsi nasi bisa dikurangi ½ dari biasanya, perbanyak sayur
🥗 2. Pilih Makanan Sehat
Hindari gorengan, makanan manis, dan minuman kemasan
Ganti dengan: lauk rebus/panggang, air putih, buah segar
🏃 3. Aktif Bergerak Setiap Hari
Cukup 30 menit/hari: jalan kaki, senam, atau bersih-bersih rumah
Aktivitas fisik bantu bakar kalori & jaga metabolisme
🧘 4. Tidur Cukup & Kelola Stres
Kurang tidur & stres bisa bikin nafsu makan naik dan berat badan sulit turun
✨ Ingat: turunnya berat badan sehat itu 0.5–1 kg per minggu, jadi perlu konsisten dan sabar ya, Kak 💪
Kalau Kak Dita mau, bisa aku bantu buatkan contoh menu harian untuk pemula. Semangat jaga pola hidup sehat! 🌿
14:17 15/07/2025