[Masalah Berat Badan]
anonim
Izin bertanya bu,apakah keturunan merupakan salah satu faktor penyebab seseorang memiliki bentuk tubuh yang kurus
20:41 15/07/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Hai Kak Widiastuti
Terima kasih atas pertanyaannya.
Menjawab pertanyaan Anda, ya, faktor keturunan (genetik) memang dapat menjadi salah satu penyebab seseorang memiliki tubuh yang cenderung kurus. Seseorang bisa mewarisi laju metabolisme tubuh yang lebih cepat dari orang tuanya, sehingga makanan yang dikonsumsi lebih cepat dibakar oleh tubuh dan tidak tersimpan dalam bentuk cadangan energi atau lemak.
Namun, perlu saya tekankan bahwa bentuk tubuh tidak hanya ditentukan oleh keturunan. Faktor lain yang sangat berpengaruh antara lain:
Asupan gizi harian (apakah jumlah kalori, protein, dan zat gizi lainnya cukup)
Aktivitas fisik
Pola tidur dan stres
Kondisi medis tertentu, misalnya gangguan penyerapan nutrisi (malabsorbsi), infeksi menahun, gangguan hormon seperti hipertiroidisme, atau bahkan cacingan.
Jadi meskipun faktor keturunan punya peran, pola makan dan kesehatan secara menyeluruh tetap menjadi kunci dalam menjaga dan memperbaiki status gizi.
Jika ada keluhan tubuh terlalu kurus atau sulit naik berat badan, saya sarankan untuk dilakukan pemeriksaan gizi lebih lanjut agar bisa diketahui penyebab pastinya, dan diberikan saran atau intervensi yang tepat sesuai kondisi masing-masing.
Semoga membantu, sehat selalu.
🙏🏻
Terima kasih atas pertanyaannya.
Aktivitas fisik
Pola tidur dan stres
Semoga membantu, sehat selalu.
🙏🏻
13:01 17/07/2025
anonim
Terimakasih atas pengetahuannya pak🙏
07:39 26/07/2025