[Masalah Berat Badan]
Makhi lutfiana
Konsep diet seperti apa yang cocok untuk saya yang memiliki BB 86.5kg dengan tinggi badan 157cm memiliki asam urat yg cukup tinggi, kolesterol yg cukup tinggi juga ?
22:20 17/07/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Halo Kak Makhi, terima kasih atas pertanyaannya 🙏 Berdasarkan data Kakak: Berat Badan: 86,5 kg Tinggi Badan: 157 cm Keluhan: Asam urat tinggi dan kolesterol tinggi Perhitungan Cepat: IMT (Indeks Massa Tubuh): 86,5 / (1,57 x 1,57) ≈ 35,1 (Obesitas Kelas II/ Kelebihan berat badan berat) Kondisi ini dapat memperburuk kadar kolesterol dan asam urat jika tidak ditangani. 🎯 Konsep Diet yang Cocok untuk Kakak: 1. Batasi Makanan Tinggi Purin (asam urat): Hindari: Jeroan (hati, usus, otak) Seafood (udang, kepiting, kerang) Daging merah berlebihan Kuah kaldu daging 2. Batasi Lemak Jenuh (kolesterol): Hindari gorengan, santan kental, kulit ayam, mentega Ganti dengan kukus, rebus, tumis pakai sedikit minyak zaitun 3. Pilih Karbohidrat Kompleks: Ganti nasi putih dengan nasi merah, oatmeal, ubi rebus, jagung Kurangi gula, sirup, kue manis, dan minuman kemasan 4. Tinggi Serat dan Air: Konsumsi sayur setiap kali makan Buah segar 2–3 kali/hari (hindari durian, nangka, dan alpukat berlebihan) Minum air putih 2 liter/hari (hindari soda dan minuman manis) 5. Aktivitas Fisik Rutin: Jalan kaki 30 menit/hari atau senam ringan di rumah Jangan duduk terlalu lama 6. Porsi Makan Disarankan: Pagi: Oatmeal + 1 butir telur rebus + pepaya Siang: Nasi merah 100g + dada ayam kukus + lalapan + jeruk Malam: Sup bening sayur + tempe panggang + buah ⚠️ Catatan Tambahan: Periksa rutin ke dokter untuk pantau kadar kolesterol dan asam urat. Jangan minum jamu/herbal sembarangan tanpa rekomendasi ahli. Jika Kakak ingin dibuatkan meal plan 7 hari, saya siap bantu secara personal. Semangat ya Kak, perubahan kecil yang konsisten bisa berdampak besar! 💪🌿
06:53 18/07/2025