[Kehamilan]
Frederico Soares
Makanan untuk pemnabah darah untuk ibu hamil
06:01 20/07/2025
Wahyu Sandy Hidayatullah ahligizi
Halo Kak Frederico, Untuk ibu hamil yang membutuhkan tambahan darah (biasanya karena anemia defisiensi zat besi), penting mengonsumsi makanan tinggi zat besi, serta membantu penyerapan zat besi dengan nutrisi pendukung lain. ✅ Makanan Sumber Zat Besi: Heme Iron (penyerapan tinggi): Daging merah (sapi, kambing, ayam) Hati ayam/sapi (maks. 1x/minggu) Ikan laut (sarden, tuna) Non-Heme Iron (dari tumbuhan): Bayam, daun katuk, kangkung Kacang-kacangan (kedelai, kacang hijau) Tahu, tempe Kismis, kurma, bit 🍊 Nutrisi Pendukung Penyerapan Zat Besi: Konsumsi makanan tinggi vitamin C bersamaan dengan sumber zat besi seperti: Jeruk, jambu biji, tomat, mangga, stroberi ⚠️ Hindari Saat Konsumsi Zat Besi: Teh dan kopi (menghambat penyerapan) Produk susu berlebih berdekatan dengan makanan sumber zat besi 🗓️ Contoh Menu Harian Ibu Hamil Penambah Darah: Pagi Nasi + telur dadar + tumis bayam + jeruk Siang Nasi merah + pepes ikan + tumis daun katuk + jambu biji Malam Sup daging + wortel + nasi + buah kurma 💊 Catatan Tambahan: Ibu hamil juga disarankan minum tablet tambah darah (TTD) sesuai anjuran bidan/dokter, minimal 1 tablet/hari terutama trimester 2 dan 3. Semoga bermanfaat ya Kak, dan jika perlu rencana makan 7 hari khusus ibu hamil anemia, saya siap bantu 🙏🌿
07:22 20/07/2025